Selasa, 9 Februari 2016 15:46

Kunjungan Kerja Pansus Raperda Penataan dan Pengendalian Menara Telekomunikasi ke Diskominfo Kota Tangerang

KOTA TANGERANG - Panitia Khusus Raperda Penataan dan Pengendalian Menara Telekomunikasi melakukan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang, Kamis, 4/2. Bertempat di Ruang Rapat Asisten II Ekbang Kesmas, Pansus DPRD diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang H. Muhtarom, Kepala Bidang Telematika Pos dan Telekomunikasi Kholil Kurniawan, Kepala Bidang LPSE Iis Nurlela, Kasi Sandi Pos dan Telekomunikasi Agung Prabowo, Staf Bidang D3I Tisna Wijaya.
 
Pansus Raperda DPRD Kabupaten Belitung didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Drs. Ayi Thamrin Arifin, Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Helman, SH dan Kabag Hukum Setda Imam Fadlli, SH.
 
Ketua Pansus Raperda Penataan dan Pengendalian Menara Telekomunikasi Syamsudin menjelaskan kunjungan kerja ke Kota Tangerang untuk menimba pengalaman dan sharing mengenai penataan menara di wilayah Kota Tangerang. Pansus ingin mempelajari mengenai sosialisasi, zonasi, asuransi, pengaturan bts, pembongkaran dan retribusi dari menara telekomunikasi.
 
Kota Tangerang sendiri belum mempunyai Perda Penataan dan Pengendalian Menara Telekomunikasi, tetapi Pemkot Tangerang sudah mempunyai regulasi berupa Perwali dan Naskah Akademik Penataan Menara. Pansus menganggap Kota Tangerang mempunyai pengalaman dan regulasi dalam penataan dan pengendalian menara telekomunikasi.
 
Kepala Bidang Telematika Pos dan Telekomunikasi Kholil Kurniawan dalam paparannya menjelaskan perkembangan pembangunan di Kota Tangerang sudah memperlihatkan peningkatan yang cukup pesat, salah satu sektor yang cukup pesat perkembangannya adalah Sektor Telekomunikasi.
 
Hal ini ditunjukkan dengan pembangunan sarana telekomunikasi berupa menara telekomunikasi di Kota Tangerang pada tahun 2015 sudah mencapai 623 menara, yang dibangun baik di wilayah pemukiman, kawasan industri, pusat perbelanjaan dan kawasan lainya.
 
Pemerintah Kota Tangerang pada tahun 2015 telah menyusun dan memiliki peraturan rencana detail tata ruang bagi lokasi pembangunan menara telekomunikasi seluler atau secara teknis biasa disebut dengan cell plan sebagai sarana penataan dan pengendalian Menara telekomunikasi bersama.
 
Dari jumlah 623 Menara Telekomunikasi sudah ditetapkan dalam 346 zona cell plan, maka Pemerintah Kota Tangerang secara legal telah memiliki alat atau pedoman teknis untuk melakukan layanan pengendalian pembangunan menara telekomunikasi di Wilayah Kota Tangerang.
 
Dijelaskan oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Tangerang H. Muhtarom saat ini Pemerintah Kota Tangerang tengah mempersiapkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penataan Menara dan saat ini dalam tahap pengkajian naskah akademik.
 
Tahun Anggaran 2015 Pemkot Tangerang telah melaksanakan Kajian Akademis atas Penyusunan Raperda Penataan dan Pengendalian Menara Telekomunikasi. Tahun Anggaran 2016, telah dibuat Surat Keputusan Walikota tentang Tim Penyusunan Raperda Penataan dan Pengendalian Menara Telekomunikasi, saat ini masih dikoreksi oleh Bagian Hukum. (AMP)
 
Sumber: dishubkominfo.beliungkab.go.id