Senin, 15 Februari 2016 15:00

Sambut GMT, Pemkab Belitung Gelar Sosialisasi

Tanjungpandan - Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) menggelar kegiatan Sosialisasi Gerhana Matahari Total (GMT) pada Senin, (15/2) bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Bappeda.

 

Hadir sebagai pembicara perwakilan dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Bandung, Abdurahman dan Dokter Spesialis Mata, Ida Mutmainah. Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Bupati Belitung, H. Erwandi A. Rani, perwakilan DPRD Kabupaten Belitung, perwakilan Forkominda Kabupaten Belitung dan sejumlah perwakilan SKPD di lingkungan Pemkab Belitung.

 

Dalam paparannya, Ida Mutmainah menjelaskan agar masyarakat jangan melihat GMT tanpa alat khusus. Adapun alat-alat yang bisa digunakan diantaranya; kacamata khusus, teropong bintang, kacamata tukang las nomor 14, benjana air, dan lubang jarum.

 

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung, Ir. Hermanto menjelaskan beberapa lokasi titik pantau GMT di Kabupaten Belitung, diantaranya;

- Pantai Wisata Tanjung Kelayang

- Bukit Peramun

- Pantai Teluk Limau Tanjung Tinggi

- Pantai Batu Bedil Sungai Padang

- Gunung Batu Titi Pelepak Pute

- Kawasan Konservasi Tangkapan Air EB-1 Aik Selumar

- Bukit Tebalu Simpor Laki

 

Menurut Hermanto, berbagai event besar bernuansa pariwisata di Kabupaten Belitung juga akan ditampilkan untuk menyambut dan meramaikan event GMT. Event-event tersebut, dimulai pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang dan berakhir pada tanggal 11 Maret 2016. Berikut jadwal event GMT di Belitung;

- Tanggal 5 - 6 Maret : Tour sepeda goes nasional mengunjungi objek - objek wisata terbaik dengan peserta dari seluruh Indonesia.

- Tanggal 5 - 9 Maret : Festival jeramba Sungai Padang, Desa Sungai Padang.

- Tanggal 7 - 9 Maret : Festival Penampilan Pagelaran Seni dan Budaya Daerah Belitong, Tari kolosal melibatkan Eko PC sebagai penari dan koreografer di pantai Tanjung Kelayang.

- Tanggal 7 - 8 Maret : Festival seni dan budaya Desa Pelepak Pute.

- Tanggal 7 - 11 Maret : Pameran KUKM di Tanjung Kelayang.

 

Bagi Indonesia GMT adalah yang kedua sejak 11 Juni 1983. GMT ini akan berlangsung di beberapa wilayah Indonesia pada 9 Maret mendatang dengan durasi sekitar 2 menit 10 detik dan melintasi 12 provinsi diantaranya; Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara. Menurut LAPAN Bandung, GMT diperkirakan akan terjadi lagi pada tahun 2023 mendatang.

 

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung