Jum'at, 19 Februari 2016 16:00

Kunjungan Kerja Pansus Raperda Penataan dan Pengendalian Menara Telekomunikasi ke Dishubkominfo Sragen

Sragen - Pansus DPRD Kabupaten Belitung melakukan kunjungan kerja  ke Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sragen, Rabu, 17/2. Rombongan Pansus DPRD Diterima oleh Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Hiladawati Aziroh, S.STP, Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional Sukirno, S.Sos, Kepala Bidang Angkutan Setyadi, SH, MM, Kepala Seksi Pos dan Telekomunikasi Eny Sukasih, SH, MH dan Kasubag Keuangan Teguh Kristanto, SH.

 

Ketua Pansus Raperda Penataan dan Pengendalian Menara Telekomunikasi Syamsudin menjelaskan kunjungan kerja ke Kabupaten Sragen untuk menimba pengalaman dan berdiskusi mengenai penataan menara di wilayah Kabupaten Sragen. Pansus ingin mempelajari mengenai sosialisasi, zonasi, asuransi, pengaturan bts, pembongkaran dan retribusi dari menara telekomunikasi. Pansus Raperda DPRD Kabupaten Belitung didampingi oleh Sekretaris Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Irwan Akhyar, SE, Sekretaris Bappeda, Gustono, S.I.P, Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Helman, SH dan Kabag Hukum Setda Imam Fadlli, SH, Perwakilan PU, BLHD dan Satpol PP.

 

Sukirno, S.Sos  Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional  menjelaskan Perda tersebut dibuat untuk mengatasi permasalahan menara telekomunikasi di Kabupaten Sragen yaitu banyaknya pembangunan menara yang tidak terkendali (hutan menara) dan banyaknya komplain masyarakat justru disaat menara sudah berdiri dan beroperasi.

 

Permasalahan seputar menara telekomunikasi di Kabupaten Sragen membuat Pemerintah Kabupaten Sragen mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2013 tentang Pembangunan, Pengendalian dan Pengawasan Menara Telekomunikasi.

 

Perda ini menjadi dasar dalam  pembangunan dan pengoperasian menara telekomunikasi untuk menjamin kenyamanan dan keselamatan masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungan dari adanya menara telekomunikasi.

 

Hiladawati Aziroh, S.STP Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika  menyampaikan bahwa selain Perda, Pemkab Sragen telah membuat Rencana Induk Menara Telekomunikasi/Cell Plan dimana dalam Cell Plan telah diatur zona dan penempatan menara.

 

Penetapan Zona Pembangunan Menara Telekomunikasi disesuaikan dengan kaidah penataan ruang, keamanan dan ketertiban lingkungan, estetika, dan kebutuhan kegiatan usaha.

 

Penyedia menara hanya boleh membangun 1 menara telekomunikasi dalam 1 (satu) zona. Lokasi pembangunan menara telekomunikasi harus selalu menyesuaikan zona pembangunan menara telekomunikasi. Dalam 1 zona paling banyak dibangun 3 menara telekomunikasi, dengan jarak paling dekat 400 (empat ratus) meter antara menara telekomunikasi satu dengan yang lainnya.

 

Penempatan antena pemancar oleh penyelenggara telekomunikasi wajib memanfaatkan menara telekomunikasi yang sudah ada guna memenuhi ketentuan menara telekomunikasi bersama.

 

Dishubkominfo Sragen mengeluarkan Rekomendasi Operasional. Setiap menara wajib memiliki rekomendasi operasional sebelum difungsikan. Masa berlaku rekomendasi operasional selama 2 tahun dan dapat diperpanjang. Prosedur dan tata cara penerbitan rekomendasi operasional diatur dengan Peraturan Bupati. (AMP)
 

 

Sumber: Dishubkominfo Kabupaten Belitung