Selasa, 23 Februari 2016 17:00

KEMENPAR RI GELAR SOSIALISASI GMT DAN BERSIH-BERSIH PANTAI

Sijuk - Kementerian Pariwisata Republik Indonesia bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung menggelar kegiatan Sosialisasi Gerhana Matahari Total (GMT) dan Bersih-Bersih Pantai dalam rangka pelaksanaan Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona pada Rabu, (24/2) bertempat di Pantai Wisata Tanjung Kelayang, Sijuk.

 

Dalam sambutan Bupati Belitung yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Setda, Darma Bhakti, S.Sos, mengatakan, menyambut GMT 9 Maret mendatang, Pemerintah Kabupaten Belitung juga telah melakukan beberapa langkah, salah satunya dengan melakukan survey di beberapa lokasi titik pantau di wilayah Kabupaten Belitung. Adapun beberapa lokasi titik pantau tersebut, diantaranya; Bukit Batu Titi Pelepak Pute, Kawasan Konservasi Tangkapan Air EB-1 Aik Selumar, Bukit Paramon, Pantai Batu Bedil Sungai Padang, Pantai Teluk Limau Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang dan Bukit Tebalu Simpor Laki.

 

Menurutnya, dalam mewujudkan gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona adalah pentingnya kita menjaga keunikan dan kekhasan yang kita miliki sebagai daya tarik bagi wisatawan. Originalitas yang tetap terjaga ini adalah modal dasar dan kekuatan kita untuk terus eksis di dunia kepariwisataan. Dan tentunya juga harus ditunjang dengan peningkatan sarana dan prasarana infrastruktur serta pendukung lainnya.

‘’Saya juga berharap agar kegiatan bersih pantai yang akan kita laksanakan pada kesempatan ini dapat terus dilakukan secara rutin dan berkesinambungan. Jangan hanya menunggu ketika ada event penting saja. Kegiatan pembersihan pantai harus kita jadikan budaya. Karena pantai dan laut adalah aset yang harus kita jaga kebersihan dan kelestariannya’’, jelas Darma.

 

 

Sementara Deputi Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Pariwisata RI, Dra. Oneng Setya Harini, MM, dalam paparannya menjelaskan tentang  7 unsur Sapta Pesona yang terdiri dari; aman, bersih, tertib, sejuk, indah, ramah dan kenangan. ‘’Ketujuh unsur ini harus kita terapkan untuk memajukan sektor pariwisata. Apalagi untuk di Kabupaten Belitung sendiri, Tanjung Kelayang telah masuk sebagai 10 destinasi prioritas nasional’’, jelasnya.

 

Peneliti Fisika Matahari LAPAN, Gunawan Admiranto dalam paparannya menjelaskan tentang proses terjadinya Gerhana Matahari Total (GMT), sekaligus menjelaskan dan mempraktekkan cara aman untuk melihat dan mengamati GMT.

 

Kegiatan ini turut dihadiri oleh unsur Forkompinda Kabupaten Belitung, perwakilan SKPD di lingkungan Pemkab Belitung, para peserta yang terdiri dari; Pokdarwis, pelaku/pengelola wisata, tokoh masyarakat, serta masyarakat sekitar. Disela-sela acara juga berlangsung penyerahan secara simbolis alat kebersihan dari Kementerian Pariwisata kepada peserta bersih-bersih pantai.***dika

 

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung