Jum'at, 24 Oktober 2008 03:05

Hasil Sementara Pemilu Bupati dan Wakil Belitung 2008

Tanjungpandan (WP),  Penyelenggaraan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Belitung Tahun 2008 baru saja usai. Mulyadi dan anggota panitia pemilu di TPS VI Desa Tanjungpandan pun telah meyegel kotak suara hasil Pemilu pada pukul 17:10, Kamis (23/10) untuk diserahkan ke KPU Kabupaten Belitung disaksikan petugas dari Polres Belitung.

Beberapa saksi pemilu dan warga yang mengetahui hasil keseluruhan perhitungan TPS tampak saling memberi informasi hasil pesta demokrasi, pemilihan Kepala Daerah secara langsung ini.

Ditemui Wartapraja usai  penandatangan  perhitungan suara sementara Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Belitung, Ketua KPU Kabupaten Belitung I Nyoman Sastra mengungkapkan rasa syukur atas keberhasilan penyelenggaraan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Belitung pada hari ini, Kamis (23/10) .” KPU selaku penyelenggara Pemilu sangat bersyukur atas pelaksanaan yang telah berjalan tertib, lancar dan terkendali sesuai dengan keinginan kita bersama. Oleh karena itu kita sangat berterimakasih kepada semua pihak terutama masyarakat Belitung yang mendukung penyelenggaraan Pemilu ini ” ujar I Nyoman Tastra di Ruang Kerja pada pukul 21:40 wib. Ketua KPU memastikan pelaksanaan pemilu ini berlangsung dalam satu putaran. “Dengan selisih perolehan suara cukup signifikan, terbanyak 36% dan 27% bisa dipastikan pemilu ini berlangsung dalam satu putaran” kata I Nyoman Tastra.

Hasil Perhitungan Suara Sementara
Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Belitung Tahun 2008

Sumber : KPU Kabupaten Belitung, 2008

Apa yang menjadi harapan pemerintah bersama Muspida untuk mensukseskan pelaksanaan pemilu dengan damai akhirnya membuahkan hasil. ”Dengan dukungan penyelenggaraan pemilu yang kondusif, tujuan kampanye damai tercapai. Ini menunjukkan koordinasi berjalan baik termasuk dengan para tim sukses masing-masing calon “ ujar Aiptu Hardi Gunarso yang bertugas membackup keamanan Pemilu dari Polres Belitung.

Data Hasil Perhitungan Suara Sementara KPU Kabupaten Belitung menjelaskan jumlah dan persentase partisipasi politik masyarakat Belitung mencapai 77.233 pemilih atau 75 %, masing-masing Tanjungpandan 40.176 pemilih (69%), Sijuk 13.482 pemilih (78%), Badau 6.815 pemilih (84%), Membalong 13.091 pemilih (87%) dan Selat Nasik 3.669 pemilih (78 %). Dengan demikian jumlah partisipasi poitik terendah berada di wilayah kecamatan Tanjungpandan yakni 69% sedangkan tertinggi di Kecamatan membalong yang mencapai 87%.

“Partisipasi politik masyarakat Belitung cukup baik  dimana persentase suara sah melebihi 75% . ” tambah Ketua KPU Kabupaten Belitung, I Nyoman Tastra. Sebagaimana disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Belitung,  hasil pemilu ini akan ditindaklanjuti dengan mengadakan  rapat koordinasi mengenai  hasil yang disampaikan PPK kecamatan pada tanggal 27 Oktober nanti, dan pada tanggal 30 hingga 1 November nanti, KPU akan melakukan mempersiapkan Rapat Pleno penetapan pasangan terpilih sekaligus mengumumkan Hasil Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Belitung 2008  (fithrorozi)
Sumber: