Selasa, 1 Maret 2016 17:00

Wabup Buka Rakor Pemangku Kepentingan Kepariwisataan

Tanjungpandan - Wakil Bupati Belitung, Drs. Erwandi A. Rani membuka Rapat Koordinasi Pemangku Kepentingan Kepariwisataan Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa, (1/3) bertempat di Ballroom Hotel Grand Hatika.

 

Ketua Panitia Rakor, Drs. Baguslan Harahap, MM melaporkan peserta dari rakor ini adalah pemangku kepentingan kepariwisataan di kawasan destinasi Tanjung Kelayang sejumlah 100 orang.

 “Tujuan dari kegiatan ini adalah menyatukan persepsi mengenai perkembangan destinasi prioritas dalam hal ini dikawasan Tanjung Kelayang,” kata Baguslan Harahap.

 

Sementara itu, Asdep Pengembangan SDM Kepariwisataan, Dr. Wisnu Bawa Tarunajaya, SE, MM, menyampaikan Tanjung Kelayang Kabupaten Belitung telah ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi prioritas.

“Percepatan pembangunan destinasi dibutuhkan dukungan dari seluruh stakeholder seperti perwakilan dari akademisi, pemerintah daerah, Wakil Bupati Belitung serta jajarannya, para pimpinan pelaku bisnis pariwisata, tokoh masyarakat dan media,” jelas Wisnu.

 

Selanjutnya Wisnu juga menyampaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat umum dan industri terhadap wisatawan mancanegara dan nusantara, dilaksanakan uji kompetensi kepada karyawan industry kepariwisataan sebanyak 200 orang di Propinsi Bangka Belitung.

 

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Belitung Drs. H. Erwandi A. Rani dalam sambutannya mengatakan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Belitung salah satunya adalah di bidang kepariwisataan. Hal ini sejalan dengan program kementerian yang ingin mengembangkan pariwisata di daerah-daerah.

“Kita harus mengembangkan potensi diri untuk mendukung pengembangan pariwisata”, pungkas Wabup.

 

Wabup berharap melalui rakor ini, bisa meningkatkan potensi Sumber Daya Manusia khususnya di Belitung, agar pariwisata di Belitung semakin berkembang dan dikenal oleh wisatawan mancanegara maupun nusantara.

 

Rakor ditutup dengan penandatangan MOU dari perwakilan akademisi, pemerintah daerah, para pimpinan pelaku bisnis pariwisata, tokoh masyarakat dan media.

 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung, Ir. Hermanto, Ketua Destination Management Organization (DMO), Iswandi, para narasumber serta undangan lainnya. (Marvianty) 

 

Sumber: Humas Setda Kabupaten Belitung