Jum'at, 4 Maret 2016 17:00

MENTERI DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL DAN TRANSMIGRASI RI KUNKER KE BELITUNG

Tanjungpandan - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Marwan Jafar melakukan dialog interaktif dengan para Kepala Desa se Kabupaten Belitung dan Belitung Timur pada Jum’at, (4/3) bertempat di Ruang Sidang Pemkab Belitung.

 

Kegiatan ini dalam rangka Kunjungan Kerja Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI guna meninjau realisasi penggunaan dana desa yang bersumber dari APBN. Kedatangan menteri disambut hangat Bupati Belitung, H Sahani Saleh, S.Sos, jajaran Forkominda, serta Kepala SKPD terkait.

 

Dalam dialognya, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar memberikan motivasi kepada para kepala desa untuk tidak takut menggunakan dana desa. ‘’Awalnya banyak yang pesimis kalau-kalau para kepala desa bisa menggunakan dana desa dengan benar. Namun, semuanya terjawab, penggunaan dana desa 2015 mayoritas berjalan dengan baik, dan hanya sekitar 5-7 persen desa yang salah dalam pengalokasian anggaran’’, jelasnya.

 

Pemberian dana secara langsung ke desa-desa tersebut, baru pertama kali terjadi dalam sejarah Indonesia merdeka. Oleh karena itu Marwan menegaskan, penggunaan dana desa harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Dengan adanya Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, para kepala desa tidak perlu lagi khawatir, karena Kementerian Desa akan terus mendampingi dan membimbing para kepala desa agar desa bisa lebih maju lagi.

 

Sementara itu, Bupati Belitung, Sahani Saleh dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi atas kunjungannya. Mudah-mudahan kedatangan Menteri dapat memacu semangat para Kades untuk meningkatkan pembangunan di wilayah masing-masing.

 

 

Sanem berharap sinergi antara Pemda dan Pemdes bisa lebih dipererat demi kemajuan Belitung ke depan. Ia menghimbau agar para Kades paham dalam menggunakan sejumlah anggaran di desa. Karena selama ini desa tidak pernah mendapatkan perhatian dan sekarang ada menteri khusus yang menangani urusan desa.

 

Diakhir acara berlangsung pula penyerahan tanda kasih kepada 10 Kades perwakilan dari Belitung dan Belitung Timur, pertukaran cinderamata dan foto bersama. Usai acara Menteri dan rombongan langsung berkunjung ke dua desa di Kabupaten Belitung, yakni Desa Aik Merbau dan Desa Juru Seberang untuk meninjau pembangunan yang bersumber dari dana desa.***fk

 

 

Sumber: Humas Setda Kabupaten Belitung


Berita Lainnya