Jum'at, 14 November 2008 04:12

12 Pemain Laskar Pelangi dan Ibu Muslimah Terima Komputer dari Presiden SBY

Suasana ruang sidang Pemkab Kabupaten Belitung, Jum'at 14 Nopember 2008 tampak sedikit gaduh, pasalnya hari itu keduabelas pemain Laskar Pelangi yang berasal dari berbagai SLTP di Belitung akan menerima bantuan masing-masing seperangkat komputer dari Presiden SBY. Tak ketinggalan, kepada Ibu Muslimah asli juga diberikan bantuan komputer yang sama. Namun, pada kesempatan ini Ibu Muslimah berhalangan hadir.

Dua belas pemain laskar pelangi yang menerima bantuan komputer tersebut antara lain: Suharyadi (Rafani), Suhendri (Akiong), Feris (Borex), Yogi (Kucai), Ferdian (Lintang), Zulfani (Ikal), Dewi Ratih (Sahara), Ferys (Mahar), Zafri ( Harun), M.Syukur (Sadan), Levina (Aling) dan Marsila (Flo).

Bantuan komputer dari presiden SBY ini diserahkan oleh Bupati Belitung, Haryono Moelyo, MA. Dalam sambutannya, Haryono Moelyo mengatakan bahwa bantuan ini merupakan wujud perhatian Presiden SBY sebagai Kepala Negara atas potensi yang dimiliki anak-anak Belitung dalam bidang seni peran, mengiringi sukses Film Laskar Pelangi yang telah menarik jutaan penonton, setelah sebelumnya novel berjudul sama buah karya Andrea Hirata ini menjadi Best Seller dan terjual jutaan copy.

Laskar pelangi adalah pesan semangat ingin maju di tengah berbagai keterbatasan masyarakat pinggiran Kabupaten Belitung di pertengahan era 70-an.  Semangat inilah yang mendorong tokoh utamanya (Ikal) berhasil melanjutkan pendidikan sampai ke luar negeri. Oleh karena itu, menurutnya sungguh sangat disayangkan apabila saat ini, ketika sarana dan prasarana pendidikan dasar dan menengah di daerah ini hampir baik di seluruh Indonesia, dan Pemerintah sudah membebaskan biaya pendidikan sampai ke tingkat SLTA, semangat Laskar Pelangi justru meredup di tengah anak-anak.

Haryono Moelyo juga mengingatkan bahwa popularitas seringkali merenggut anak-anak dati dunia mereka sebagai anak-anak. Hal ini perlu menjadi perhatian, karena sebaik-baiknya anak adalah anak-anak yang tumbuh secara wajar.

Kepada pihak guru dan orang tua, Haryono berpesan agar para pemain Laskar Pelangi jangan sampai berada di jalanan karena akan menjadi contoh buruk bagi anak-anak yang lain. Spirit Laskar Pelangi untuk senantiasa maju di tengah segala keterbatasan haruslah diteladani.

Spirit inilah yang ingin ditularkan kepada seluruh anak di Indonesia. Karena itu, pihak Miles Production dan Mizan Publish memberikan sejumlah bantuan beasiswa kepada para pemain Laskar Pelangi hingga ke jenjang Perguruan Tinggi.  Bantuan beasiswa dan komputer ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Belitung, Haryono Moelyo kepada dua orang tokoh Laskar Pelangi: Ikal (Zulfany), dan Sahara (Dewi Ratih).

Hadir pada acara ini antara lain: Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung (Taufik Mardin), seluruh Unsur Muspida Kabupaten Belitung, Asisten III Bidang Administrasi Kabupaten Belitung, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung, Kepala Dinas Inspektorat Kabupaten Belitung, para kepala SLTP dan orang tua para pemain Laskar Pelangi. (Za)

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung