Rabu, 30 Maret 2016 14:00

SMA 1 Sijuk Sabet Juara 1 dan Favorite Lomba Film Pendek

Tanjungpandan - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung menggelar nonton bareng film dokumenter dan film pendek karya siswa-siswi SMA/MA dan SMK se- Kabupaten Belitung, Rabu, (30/3) bertempat di Laboratorium Seni Budaya dan film SMK Negeri 1 Tanjungpandan.

 

Kegiatan ini dalam rangka kegiatan lomba pembuatan film dokumenter dan film pendek bagi siswa SMA/MA dan SMK dengan tema menyambut Gerhana Matahari Total yang terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 yang lalu.

 

Film yang diputar pada kegiatan ini sebanyak empat film yang merupakan pemenang dalam kegiatan lomba tersebut. Film-film tersebut berjudul “3 Sekawan” karya Siswa SMA Negeri 1 Sijuk yang juga merupakan pemenang pertama serta pemenang favorit dalam ajang tersebut. Durasi film selama 29.52 menit, dan total nilai yang diraih adalah 308 sekaligus mengalahkan film “Keindahan, Kebudayaan Belitung dalam Moment GMT” karya siswa SMK Negeri 1 Tanjungpandan tim 2 dengan total nilai 274 dan durasi film selama 14.55 menit.

 

Selanjutnya pemenang ketiga berasal dari SMK Negeri 1 Tanjungpandan tim 1 dengan judul film “GMT Come To Belitung” dengan total nilai 267 dan durasi film selama 14.43 detik. Dengan mengambil judul film “Gerhana dalam Tanya”, SMA Negeri 1 Tanjungpandan tim 1 menjadi pemenang keempat dengan total nilai 264 dan durasi film selama 06.09 menit.

 

 

Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung, Dra. Rukmini mengatakan Kegiatan Lomba Film ini sebenarnya tidak terencana. Hal ini digelar untuk memeriahkan momen GMT yang sangat langka ini.

“Untuk memeriahkan momen GMT, Dinas Pendidikan mengadakan beberapa lomba diantaranya mengarang cerita untuk tingkat Sekolah Dasar, Karya Ilmiah untuk Tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Pembuatan Film Pendek untuk Tingkat Sekolah Menengah Atas” kata Rukmini.

 

Selanjutnya Rukmini menjelaskan bahwa hasil karya siswa ini merupakan salah satu aset Belitung yang dapat dipublikasikan untuk orang luar daerah Belitung atau para wisatawan.

 

Rukmini berharap agar siswa-siswa ini terus berkarya dan meningkatkan kreatifitas di bidang perfilman agar kedepannya Belitung akan lebih dikenal melalui karya-karya anak daerah.

 

Menurut salah satu juri kegiatan ini, Firstodia. Q.A kriteria penilaian dalam lomba ini ada 4 (empat) yaitu ide cerita, kreatifitas, editing, dan teknik pengambilan gambar.

 

Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 12 peserta dari 7 Sekolah Menengah Atas se-Kabupaten Belitung dengan juri sebanyak 4 orang yaitu Drs. Yulius Suryanto, Alexander Ikhsan, ST, M.Si, Rusmiadi dan Firstodia.Q.A. (Marvianty)

 

Sumber: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung


Berita Lainnya