Rabu, 1 Juni 2016 15:00

DUKCAPIL KABUPATEN BELITUNG GELAR BIMTEK PETUGAS REGISTRASI DESA DAN KELURAHAN

Tanjungpandan - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belitung menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Petugas Registrasi Tingkat Desa dan Kelurahan Tahun Anggaran 2016 pada Rabu, (1/6) bertempat di Gedung Serba Guna Pemkab. Belitung.

 

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Asisten III Bidang Administrasi Setda Kabupaten Belitung, Darma Bakti, S.Sos dengan menghadirkan nara sumber dari Ditjen Administrasi Kependudukan, Kementerian Dalam Negeri RI.

 

Dalam laporannya, Kepala Dukcapil Kabupaten Belitung, Dra. Hotmaria Ida mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini agar petugas registrasi Desa dan Kelurahan memiliki kemampuan dalam memberikan pelayanan Administrasi Kependudukan dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kependudukan sehingga tercapai optimalisasi pelayanan kependudukan di Kabupaten Belitung.

 

Sasaran dari kegiatan ini adalah petugas registrasi desa dan kelurahan se-Kabupaten Belitung berjumlah sebanyak 49 orang dengan rincian; Kecamatan Tanjungpandan sebanyak 16 orang, Kecamatan Sijuk sebanyak 10 orang, Kecamatan Badau 7 orang, Kecamatan Membalong 12 orang dan Kecamatan Selat Nasik sebanyak 4 orang.

 

Sementara Asisten III dalam sambutannya, mengatakan peningkatan pelayanan publik, masih merupakan salah satu isu strategis yang harus diwujudkan oleh pemerintah. Keluhan dan kritikan yang dialamatkan oleh masyarakat pada pelayanan publik selama ini, menjadi pekerjaan rumah yang harus dibenahi secara serius agar tidak berdampak pada rendahnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan dimasing-masing wilayah di Indonesia.

 

Menurutnya kedepan, kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Belitung akan senantiasa di tingkatkan, sebab upaya tersebut merupakan implementasi dari bentuk nyata kepedulian dan tanggung jawab Pemerintah Daerah dalam upaya memenuhi kepuasan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan yang cepat, tepat dan tidak berbelit-belit.

‘’Saya berharap dengan kompetensi yang dimiliki, seluruh Aparatur Pemerintah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, bisa melayani publik dengan sebaik mungkin dan dengan hati yang tulus. Apabila ada hal-hal teknis yang tidak dimengerti masyarakat selagi kita mampu dan memang sesuai dengan tugas dan fungsinya, maka berikan penjelasan sebaik mungkin jangan didiamkan atau tidak diberikan kepastian penyelesaiannya’’, jelas Darma.

 

Turut hadir dalam acara, perwakilan DPRD Kabupaten Belitung, Kasi Fasilitasi Pencatatan Kematian, Dra. Hendri Esthye dan Kasi Dokumentasi, Ditjen Administrasi Kependudukan, Kementerian Dalam Negeri RI, Kurniawan Prasetya Atmaya, SH selaku nara sumber, para peserta dan undangan lainnya.***dk

 

 

Sumber: Humas Setda Kabupaten Belitung


Berita Lainnya