Senin, 1 Agustus 2016 16:00

Puskesmas Tanjung Binga meluncurkan Layanan SMS Gateway

Untuk memudahkan masyarakat mendapat informasi dan berkonsultasi tentang kesehatan serta untuk menyampaikan kritik dan saran mengenai pelayanan kesehatan, Puskesmas Tanjung Binga Kec. Sijuk telah membuka layanan SMS Gateway. Diharapkan dengan layanan ini masyarakat dapat memperoleh informasi kesehatan dan informasi layanan yang akurat. Selain itu informasi dari masyarakat juga dapat cepat diterima oleh petugas dan secepatnya dapat ditindaklanjuti.

 

Fasilitas SMS Gateway ini juga dimanfaatkan untuk Layanan Pendaftaran bagi pasien yang ingin berobat ke Puskesmas. Masyarakat bisa menghindari antrian di Puskesmas dengan cara mendaftar terlebih dahulu kapan saja dan dimanapun berada, cukup mengirim SMS ke nomor 0819 2900 1245 atau  0811 132 1111 dengan format DAFTAR # TGL BEROBAT # NAMA PASIEN # NO KARTU BPJS untuk Pasien baru. Sedangkan untuk Pasien lama, kirim sms dengan format yang sama dan ditambahkan dengan NO KARTU BEROBAT. Contoh, DAFTAR#1Agustus#Amir#0001425205552#A301

 

Petugas akan menindaklanjuti dengan mengirim SMS balasan yang memuat nama pasien dan nomor urut antrian. Dengan adanya SMS Gateway ini, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan di Puskesmas Tanjung Binga dengan memberi kemudahan mendaftar melalui SMS bagi masyarakat yang akan berobat.

 

Untuk menyampaikan Informasi, Konsultasi, maupun Kritik atau Saran, untuk pengguna nomor Telkomsel bisa mengirim SMS dengan format PUSKESMASTB # ISI PESAN kirim ke nomor 1245 atau  0811 132 1111. Untuk pengguna selain nomor Telkomsel kirim ke nomor  0819 2900 1245.

 

Melalui Layanan SMS Gateway ini, pihak Puskesmas bisa melakukan koordinasi lintas sektor untuk memberikan informasi, jadwal kegiatan, atau undangan, melalui SMS secara serentak kepada pihak terkait seperti Camat, Kepala Desa, Kepala Dusun, Ketua RT, Kader Posyandu, dan seluruh masyarakat.

 

Diharapkan dengan tambahan fasilitas ini kinerja pelayanan di Puskesmas Tanjung Binga akan semakin baik.

 

Sumber: Puskesmas Tanjung Binga