Senin, 15 Agustus 2016 16:00

Pra Event Smart City Forum @Bandung

BANDUNG, - Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung menyelenggarakan Pra-Event Indonesia Smart City Forum 2016 Senin (15/8) di Hotel BEST WESTERN PREMIERE La Grande Bandung. Acara tersebut mengundang Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) atau yang membidangi dari seluruh Indonesia.

 

Kegiatan ini untuk menyambut digelarnya event Indonesia Smart City Forum 2016 pada 2-3 September 2016. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Dr. Asep C. Cahyadi,  M.Si.


    
Kepala Diskominfo Kota Bandung Dr. Asep C. Cahyadi, M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari sosialisasi kegiatan Smart City Forum yang akan dilaksanakan pada 2-3 September nanti. Tujuannya menguatkan silaturahmi dan koordinasi antar daerah di Indonesia, mendukung terwujudnya Smart City Forum dan  merumuskan konsep dan konten. Forum Smart City Bandung akan menghadirkan kolaborasi dari Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat, Perguruan Tinggi, Pelaku Industri di Bidang TIK dan Telekomunikasi.

 

Walikota Bandung menyampaikan arahan pada pra Event Smart City Forum @Bandung, Hotel BEST WESTERN PREMIERE La Grande Bandung, (15/8).


    
Ditengah kegiatan Ridwan Kamil Wali Kota Bandung hadir dan memberika memberikan arahan dan pengalaman Bandung dalam melaksanakan smart city. Wali kota menyampaikan sampai saat ini Bandung telah memiliki ±320 aplikasi dan aplikasi ini dapat diterapkan di Kabupaten/Kota di Indonesia sesuai karakter masing-masing daerah dan Pemkot Bandung akan menghibahkan aplikasi tersebut.
    

Tahap Smart City ini secara keseluruhan ada tiga. Pertama, mendigitalisasi urusan seperti dokumen, arsip, peta lokasi, dan lain-lain. Kedua, meningkatkan interaksi agar warga dapat menyampaikan komplain dan apresiasi. Yang ketiga adalah tahap yang paling sulit yaitu Machine to Machine dan Pemkot Bandung sedang menuju tahap ke tiga.
    

Walikota juga menyampaikan pesan dan undangan untuk para kepala dinas dan pejabat yang hadir untuk meramaikan event Smart City ini, turut berkolaborasi, dan menerapkan semangat berbagi, agar pemerintah lebih nyaman menjalankan tugasnya, rasa percaya warga terhadap pemerintah lebih tinggi dan mampu menghemat biaya.

 

Direktur Exekutif Dewan TIK Nasional Dr. Gerry Firmansyah menyampaikan materi Guideline e-Government pada pra Event Smart City Forum @Bandung, Hotel BEST WESTERN PREMIERE La Grande Bandung, (15/8).

 

Pra Event Indonesia Smart City @Bandung diisi dengan panel tanya jawab dengan narasumber Direktur Exekutif Dewan TIK Nasional Dr. Gerry Firmansyah dengan materi Guideline e-Governmnent, Kepala Bagian Kerjasama Pemkot Bandung Dodit, Kepala Bidang Telematika Srie Dhiandini dengan materi Arah dan Tahapan MoU/PKS juga SOP Pertukaran Aplikasi dan Perwakilan Siemens Indonesia Yoyok Suyono yang menyampaikan peran Siemens Indonesia dalam mendukung smart city khususnya di Kota Bandung.

“Perbanyak Kolaborasi, Kurangi Kompetisi, Karena Kita NKRI”. (AMP)
 

Sumber: Dishubkominfo Kab. Belitung