Rabu, 17 Agustus 2016 11:00

144 Warga Binaan Lapas Cerucuk Terima Remisi

Tanjungpandan - Sebanyak 144 Narapidana (Napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Cerucuk Tanjungpandan mendapatkan remisi umum dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, pada Rabu (17/8). Sedangkan sebanyak delapan napi dinyatakan bebas bertepatan dengan peringatan HUT RI ke-71.

 

Kepala Lapas Tanjungpandan, Purwoko dalam sambutannya pada Acara Pemberian Remisi dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-71 pada Lapas Klas IIB Tanjungpandan mengatakan, saat ini tercatat ada sekitar 255 orang napi yang menghuni Lapas Klas II B Tanjungpandan, terdiri dari 54 orang tahanan, 201 orang napi dan 43 orang untuk kasus narkoba.

‘’Remisi tertinggi yang diberikan pada 17 Agustus ini, yaitu enam bulan dan terendah satu bulan. Remisi diberikan berdasarkan beberapa pertimbangan. Untuk dapat dinyatakan layak menerima remisi atau tidak harus melalui siding dan hasil siding tersebut diusulkan kepada Kementerian Hukum dan HAM RI’’, jelasnya.

 

Sementara Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos saat membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI berpesan kepada seluruh narapidana dan anak pidana yang mendapat remisi, khususnya yang bebas pada hari ini agar tetap berupaya meningkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan dalam menjalani kehidupan di tengah-tengah keluarga dan sebagai anggota masyarakat.

‘’Jadilah insan yang taat hukum, insan yang berakhlak dan berbudi luhur, serta insan yang mempunyai makna dan berguna dalam hidup dan kehidupan. Kepada yang belum memperoleh remisi agar bersabar, karena remisi itu hak yang akan tetap diberikan sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku’’, kata Sahani.

 

Hadir dalam acara pemberian remisi di Lapas Cerucuk Tanjungpandan, Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Hidayat Arsani, Wakil Bupati Belitung, Drs. Erwandi A. Rani, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Unsur Forkominda Kabupaten Belitung, jajaran di lingkungan Pemkab Belitung, jajaran di Lapas Klas II B Cerucuk, serta undangan lainnya. ***dk

 

Sumber: Humas Setda Kabupaten Belitung