Rabu, 17 Agustus 2016 22:00

RESEPSI KENEGARAAN HUT RI 2016 DI KABUPATEN BELITUNG

Rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-71 di Kabupaten Belitung salah satunya adalah Resepsi Kenegaraan yang digelar pada Rabu (17/8) malam di Gedung Serba Guna Pemkab. Belitung.

 

Tema HUT RI-71 kali ini adalah dengan semangat Indonesia Kerja Nyata, Kita Wujudkan Kabupaten Belitung yang Sejahtera, Berdaya Saing, Inovatif dan Bermartabat.

 

Ketua Panitia Pelaksana HUT RI ke-71, Mirang Uganda, SH melaporkan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT RI ke-71 Kabupaten Belitung tahun 2016 terdiri dari 12 Kegiatan diantaranya Pameran Belitung Fair 2016, Lomba Gerak Jalan, Apresiasi Ekonomi Kreatif, Rapat Paripurna Istimewa mendengarkan Pidato Kenegaraan Republik Indonesia, Pengukuhan Paskibraka tahun 2016, Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-71, Upacara Pemberian Remisi, Ramah Tamah dengan Veteran di Rumah Adat Belitung, Upacara Penurunan Bendera Merah Putih, Malam Resepsi Kenegaraan dan Pawai Pembangunan.

 

Sementara itu Bupati Belitung,H. Sahani Saleh, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan acara malam resepsi kenegeraan ini mengandung makna dan esensi wujud rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas berkah rahmat dan karuniaNya yang meridhoi semangat perjuangan pergerakan para pendiri bangsa (the founding father) dalam melawan penjajahan dan kolonialisme, sehingga pada tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia dapat mewujudkan kemerdekaannya.

 

Selanjutnya Bupati Belitung menjelaskan bahwa Momen tonggak sejarah ini harus terus kita kenang sepanjang masa selama bangsa Indonesia berada dalam naungan Ibu Pertiwi, walaupun terpaan cobaan yang kita hadapi silih berganti, namun semangat berbangsa, bernegara dan pemerintahan harus tetap kokoh kita pegang dan terpatri di sanubari kita demi tetap menjaga eksisnya kemerdekaan yang telah diraih dan dicapai oleh para pendiri bangsa.

 

Bupati berharap semoga Bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa yang besar, yang dapat melindungi segenap tumpah darah Indonesia dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

 

Disela acara Bupati Belitung beserta istri memberikan nasi tumpeng kepada veteran/janda pahlawan Husin Murod dan Salmah Badrun dan memberikan bingkisan secara simbolis kepada Soedjono Sarimudji dan Fatima M. Hud.

 

 

Tidak hanya itu, dalam kegiatan ini Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos beserta Wakil Bupati Belitung Drs. H. Erwandi A. Rani  juga menyerahkan bingkisan kepada juara Sekolah Sehat Tahun 2016 Tingkat TK yaitu TK Negeri Pembina Kec. Badau, TK Pertiwi Kec. Tanjungpandan dan TK ABA 6 Kec. Sijuk, Tk SD yaitu SDN 23 Tanjungpandan, SDN 19 Membalong, SDN 16 Sijuk, TK SMP yaitu SMPN 2 Tanjungpandan,SMPN 3 Sijuk, SMPN 1 Selat Nasik   dan TK SMA yaitu SMKN 3 Tanjungpandan, SMKN 1 Badau dan SMK Negeri 1 Selat Nasik. (Marvianty)

 

Sumber: Humas Setda Kabupaten Belitung