Rabu, 31 Agustus 2016 12:00

Bupati Belitung Lantik 14 Kades Terpilih

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh S, Sos melantik 14 Kepala Desa (Kades) terpilih, Rabu (31/8) di Gedung Serba Guna Tanjungpandan. Selain dilantik, kades yang terpilih melalui Pilkades bulan Juli lalu ini juga diambil sumpahnya dan disaksikan secara langsung oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, H. Rustam Effendi, B. Sc.

 

Rombongan Kades terpilih yang mengenakan Pakaian Dinas Upacara (PDU) melakukan arak-arakan dari rumah adat Belitung menuju Gedung Serba Guna Pemkab. Belitung disambut oleh para camat melalui prosesi berebut lawang.

 

Bupati Belitung dalam sambutannya mengatakan bahwa prosesi arak-arakan yang dilakukan mempunyai makna filosofinya. Ibarat pepatah orang Belitung, janganlah kalah ilmu menang adat, kalah adat menang tabiat, tapi justru kalah tabiat menang adat, kalah adat menang ilmu.

 

Selain itu Bupati Belitung juga memberikan wejangan kepada 14 Kades terpilih. Pertama Bupati mengatakan tugas pokok kades selain melaksanakan pembangunan, harus menjaga keamanan, ketertiban masyarakat di wilayah masing-masing.

 

Semantara itu Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Drs. H Rustam Efendi, M.Sc dalam kesempatan ini mengatakan, kades terpilih menjalankan amanah sesuai dengan Undang-undang dan meminta agar koordinasi kades dengan pemerintah daerah tetap terjaga, terutama terkait pembangunan anggaran.

 

“Intinya saling bersinergi untuk memajukanpembangunan di desa masing-masing. Juga kepada ibu kades agar tetap mendukung kinerja suaminya, ucap Gubernur. ***Marvianty

 

Nama-nama Kades Terpilih

1.       Kades Buluh Tumbang, Hairil

2.       Kades Dukong, Zainal

3.       Kades Seberang, Darsono

4.       Kades Perpat, Sukri

5.       Kades Badau, Hermawan

6.       Kades Air Batu Buding, Isnanto

7.       Kades Cerucuk, Syamsul Busroni

8.       Kades Sungai Samak, Alex Saputra

9.       Kades Pegantungan, Ahid

10.    Kades Batu Itam, Mulkan

11.    Kades Tanjung Binga, Terape

12.    Kades Air Selumar, Imam Rafli

13.    Kades Sungai Padang, Firdaus

14.    Kades Aik Seruk, Sukardi

 

Sumber: Humas Setda Kabupaten Belitung