Sabtu, 17 September 2016 17:00

Pameran produk KUMKM Meriahkan KBN 2016

Tanjungpandan - Dalam rangka memeriahkan kegiatan Kemah Budaya Nasional 2016, Pemkab Belitung melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan menggelar Pameran Produk KUMKM yang berlangsung dari tanggal 17 s.d 23 September 2016 di kawasan Bumi Perkemahan Desa Juru Seberang.

 

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Belitung, Sahani Saleh pada Sabtu, (17/9) ditandai dengan pemukulan gong. Turut hadir dalam acara pembukaan, Wakil Bupati Belitung, Erwandi A. Rani, Sekda Belitung, Karyadi Sahminan, unsur Forkopimda Kabupaten Belitung, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Isyak Meirobie beserta anggota, perwakilan Dinas/Instansi di lingkungan Pemkab Belitung, Perwakilan Organisasi Wanita, Tokoh Masyarakat, para peserta pameran dan undangan lainnya.

 

Ketua panitia, Adnizar dalam laporannya mengatakan, penyelenggaraan pameran ini dalam rangka dukungan terhadap pelaksanaan KBN yang akan diresmikan senin (19/9) mendatang. Kabarnya, hingga saat ini sudah ada 7 propinsi peserta KBN yang hadir. Pameran ini menampilkan produk unggulan UKM dan kuliner khas Belitung. Ada 50 stand yang sudah disiapkan, separuhnya kami juga memberi kesempatan kepada masyarakat Desa Juru Seberang melalui koperasi untuk mengelola areal ini. Mudah-mudahan penyajian kuliner kita bisa dinikmati tamu dan para peserta KBN termasuk dari negara tetangga yang akan hadir.

"Kepada bapak Bupati dan rombongan, saya harapkan berkenan meninjau stand, sekaligus memberikan saran dan masukan terhadap produk UKM untuk kemajuan produk daerah kita, sehingga kita bisa bersaing ke depan menghadapi MEA", kata Adnizar.

 

 

Sementara Bupati Belitung, diawal sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapreasiasi para peserta yang telah berpartisipasi, sekaligus kepada panitia pelaksana yang telah memprakarsai pameran ini. Karena hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi kemajuan daerah untuk menggiatkan ekonomi kerakyatan sebagai salah satu visi pemerintah daerah agar masyarakat dapat terus mandiri dan berinovatif dengan karya-karyanya, serta untuk menunjang aktivitas ekonomi kemasyarakatan.

 

Menurut Bupati, ada beberapa hal yang diharapkan Pemerintah Pusat untuk mendukung kemajuan Belitung. "Mereka ingin di Belitung ini ada suatu tempat/lokasi yang dapat dijadikan tempat pameran untuk produk UKM dari seluruh Indonesia, seperti event promosi produk UKM dari seluruh Indonesia dan akan dilaksanakan setiap tahun. Untuk itu, kita diminta agar bisa menyiapkan lokasinya. Apalagi 1 November mendatang, kita akan menjadi bandara internasional. Penerbangan pertama akan ada pesawat Lion Air yang berangkat perdana dari Kuala Lumpur menuju Belitung", kata Bupati.

 

Satu hal yang juga ditekankan pemerintah pusat agar kita bisa menggelar event nasional produk UKM. Karena, pada dasarnya kekuatan ekonomi bangsa bukanlah dari perusahan besar tetapi dari kemajuan produk UKM yang dapat menguatkan perekonomian nasional. Di Belitung nantinya juga akan digelar beberapa event-event pariwisata bertaraf nasional.

"Di Belitung juga diharapkan ada pusat kuliner siput atau makanan laut yang bisa dikelola masyarakat. Jadi ada semacam tempat/kawasan khusus pusat jajanan kuliner khas siput yang dibuka setiap hari di Belitung. Pemerintah pusat juga berharap ada semacam event khusus untuk mempromosikan makanan khas Belitung yang diolah dari hasil produk perikanan. Karena fokus Belitung, disamping pariwisata sektor kelautan, sisi lainnya yang juga ingin diperkuat adalah meningkatkan produk UKMnya", kata Bupati.

 

Lebih lanjut, menurut Bupati kita diminta untuk membangun semacam pasar khusus produk UKM, insya Allah tahun 2017 direncanakan akan dibangun pusat produk UKM Belitung di depan kawasan Galery KUMKM. Ini bukan untuk menyaingi yang lainnya, tapi ada semacam pusat untuk produk UKM dan kuliner khas Belitung.

"Nantinya akan ditata dan bangun disana. Istilahnya "Mall UKM". Hal ini untuk menghargai produk UKM kita. Karena daerah kita diharapkan benar-benar menjadi daerah tujuan wisata. Kita juga diminta untuk segera mungkin memperbanyak tempat destinsi wisata yang dikelola masyarakat setempat. Berdayakan BUMDes, koperasi, kelompok masyarakat, segera mungkin jika ada daerah pontensial yg bisa dikembangkan, bikin master plannya, ajukan ke Kementerian terkait. Karena Kementerian menunggu dan meminta kita untuk mempersiapkan apa yang akan dibuat untuk pariwisata", jelasnya.

 

Kegiatan ini diakhiri dengan peninjauan stand oleh Bupati Belitung bersama segenap undangan yang hadir.***dk

 

Sumber: Humas Setda Kabupaten Belitung