Senin, 19 September 2016 16:00

KBN 2016 di Kabupaten Belitung Resmi Dibuka

Kegiatan Kemah Budaya Nasional (KBN) Tahun 2016 dibuka secara resmi oleh Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan RI, Hilmar Farid, P.hD didampingi oleh Bupati Belitung,  H. Sahani Saleh, Sos melalui Upacara pembukaan yang berlangsung hikmat dan lancar, pada Senin, (19/09/2016) bertempat di Bumi Perkemahan Desa Juru Seberang Kabupaten Belitung.

 

Dalam Upacara tersebut, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Hilmar Farid, P.hD menyampaikan kegiatan KBN ini luar biasa dan menjadi tanda bahwa pilihan untuk melaksanakan Kemah Budaya Nasional di Kabupaten Belitung adalah tepat.

 

Melalui kegiatan ini, Hilmar berharap agar peserta mampu untuk mengolah diri, meningkatkan kecakapan serta komitmen terhadap gerakan pramuka, sehingga ketika sudah meluas ke sekolah-sekolah bisa dipandu oleh mereka, yakni peserta KBN.

 

Direktur Sejarah Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud RI, Triana Wulandari dalam laporannya menjelaskan  bahwa Kemah Budaya Nasional ke-7 di Kabupaten Belitung merupakan kegiatan perkemahan yang berorientasi pada penanaman nilai sejarah dan budaya bangsa untuk pemahaman penghayatan sesuai makna Bhineka Tunggal Ika  serta karakter kebangsaan dalam menciptakan ketahanan budaya, aspek spriritual, emosional, sosial intelektual dan fisik sebagai individu maupun masyarakat.

“Pada tahun ini, Kemah Budaya Nasional dengan tema generasi mandiri, berdaya saing dan berkarakter diikuti oleh 34 Provinsi, sehingga jumlah peserta seluruhnya dengan Kabupaten Belitung menjadi 812 anggota Pramuka penggalang”, tambah Triana.

 

Sementara itu, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan Pemerintah Pusat untuk melaksanakan kegiatan Kemah Budaya Nasional Tahun 2016 di Kabupaten Belitung. Semoga berjalan dengan lancar dan sukses, jelas Sahani.

Sahani juga berharap selain peserta Kemah Budaya dapat memanfaatkan momen ini sebagai perajut ikatan pertemanan sepanjang hayat dan sarana untuk mengenal budaya yang ada, namun diharapkan agar dapat menikmati serta mengenal budaya Belitong dengan segala keunikan dan kekhasan yang ada.

 

Sebelum kegiatan dibuka, Dirjen Kebudayaan beserta para undangan disambut dengan serangkaian acara seperti pantun selamat datang dan tari selamat datang, defile dari 34 kontingen Kemah Budaya Nasional (KBN) diiringi dengan lagu-lagu dari masing-masing daerah oleh Kelompok Paduan Suara siswa siswi SMA dan SMK di Tanjungpandan. Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan Press Conference serta jumpa tokoh/budayawan.

 

Sumber: Humas Setda Kabupaten Belitung