Rabu, 21 September 2016 16:00

Hari ke-3, Peserta KBN Tahun 2016 Ikut "Jelajah dan Wisata Budaya"

Tanjungpandan - Memasuki hari ke-3 pelaksanaan Kemah Budaya Nasional Tahun 2016 di Kabupaten Belitung, para peserta yang berasal dari 34 Provinsi di Indonesia mengikuti serangkaian agenda kunjungan “ jelajah dan wisata budaya”, mulai pagi hingga sore hari, pada Rabu, (21/9/2016).
 
Dalam kunjungan tersebut, peserta Kemah Budaya dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok dengan tujuan berbeda yakni Museum Tanjungpandan dan Museum Badau, Kampung Nelayan di Desa Tanjung Binga serta kunjungan di Perkebunan lada yang juga berada di Desa Tanjung Binga Kecamatan Sijuk.
 
 
 
 
 
Selama kunjungan berlangsung, para peserta dikenalkan oleh Panitia Kemah Budaya dengan beragam budaya serta potensi alam yang dimiliki oleh Kabupaten Belitung, seperti pada kunjungan di Museum Tanjungpandan dan Museum Badau setiap peserta dikenalkan dengan benda-benda peninggalan budaya serta kegunaannya, sedangkan pada kunjungan di Kampung Nelayan dan Perkebunan Lada para peserta dapat melihat aktivitas masayarakat setempat serta informasi terkait lada.
 
Antusias dan semangat peserta terlihat selama melakukan kunjungan dengan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan saat kunjungan dilaksanakan. Setelah melakukan kunjungan, para peserta Kemah Budaya Nasional berkumpul di Pendopo Tanjung Kelayang untuk bersama-sama berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi yang terkenal sebagai tempat syuting Film Laskar pelangi.
 
Kemah Budaya Nasional (KBN) Tahun 2016 yang dibuka secara resmi oleh Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan RI, Hilmar Farid, P.hD  pada hari Senin, (19/09/2016) yang lalu, di Bumi Perkemahan Desa Juru Seberang Kabupaten Belitung merupakan wahana pertemuan Pramuka Penggalang untuk menanam dan menumbuhkembangkan nilai-nilai sejarah dan budaya bangsa, membina persaudaraan, mempererat persatuan dan kesetuan, serta sebagai wadah pembinaan karakter bangsa dan jiwa kemandirian. 
 
 
Kegiatan KBN ini telah memasuki tahun ke tujuh, sebelumnya kegiatan serupa telah diselenggarakan diberbagai Provinsi seperti KBN Tahun 2010 di Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau, KBN Tahun 2011 dilaksanakan di Karanganyar Provinsi Jawa Tengah, KBN Tahun 2012 di Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat, KBN Tahun 2013 dilaksanakan di Bintan Provinsi Kepulauan Riau, KBN Tahun 2014 dilaksanakan di Solo Provinsi Jawa Tengah dan KBN Tahun 2016 dilaksanakan di Siak  Provinsi Riau. (FW)
 
 
Sumber: Humas Setda Kabupaten Belitung