Jum'at, 7 Oktober 2016 16:00

FGD Strategi Infrastruktur dan Aplikasi Berbagi Pakai e-Government

kominfo.belitungkab.go.id - e-Government merupakan salah satu bidang strategis dalam pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan yang baik. Salah satu strategi untuk mewujudkan efektifitas dan efisiensi dalam tata kelola aplikasi pemerintahan di Indonesia adalah melalui implementasi berbagi pakai terhadap infrastruktur dan aplikasi e-Government. Kebijakan ini telah dinyatakan secara tegas dalam Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah khususnya Pasal 120.

 

Untuk menyikapi kebijakan nasional ini, bertempat di Aston Hotel Semarang Direktorat e-Government, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyelenggarakan Forum Group Discussion Strategi Infrastuktur dan Aplikasi Berbagi Pakai dalam kerangka e-Government Nasional, 6-7 Oktober 2016.

 

FGD e-Government merupakan proses pengumpulan data dan informasi yang sistematis mengenai suatu permasalahan terutama tentang berbagi pakai infrastruktur dan aplikasi serta kendala bidang kominfo di Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia dalam penyelenggaraan dan pengembangan e-Government.

 

E-Government diharapkan menjadi integrator yang dapat mengintegrasikan ekosistem teknologi informasi di daerah, mendorong sektor pelayanan publik dan Kominfo sebagai CIO penyelenggara ekosistem TIK.

 

Narasumber pada kegiatan berasal dari Direktorat e-Government, Dinas Kominfo Provinsi, Kabupaten/Kota, Praktisi TI dan Akademisi, sedangkan peserta merupakan beberapa perwakilan Kominfo Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota. (AMP)

 

Sumber: kominfo.belitungkab.go.id