Sabtu, 15 Oktober 2016 14:00

Peringatan Hari Lanjut Usia di Kabupaten Belitung Tahun 2016

Tanjungpandan - Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Kabupaten Belitung menggelar kegiatan Peringatan Hari Lanjut Usia Tahun 2016 yang diselenggarakan pada Sabtu (15/10) di Halaman Gedung Nasional Tanjungpandan. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani.

 

Selaku Ketua Panitia, Drs. Haziarto dalam laporannya mengatakan, keberadaan Komisi Daerah Lanjut Usia sejak tahun 2011 telah banyak memberikan warna. Berbagai program penghormatan terhadap lansia juga telah dilaksanakan, seperti diberlakukannya KTP Seumur Hidup, adanya Posyandu Lansia, program Bina Keluarga Lansia, pembangunan rumah layak huni bagi lansia, puskesmas santun lansia dan lain sebagainya. Disamping itu, Pemerintah Pusat juga secara terpadu telah berupaya mewujudkan Kota Ramah Lansia.

 

Sementara Wabup saat membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia,  Khofifah Indar Parawansa, mengatakan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) setiap tahun selalu diperingati dan mendapat perhatian secara khusus, karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat menghargai dan menjunjung  tinggi  harkat dan martabat orang tua. Ini tercermin dalam pembangunan sistem kehidupan berbangsa dan bernegara, bangsa Indonesia selalu menekankan dan merujuk pada keteladanan para pendahulu, sesepuh dan orang-orang tua yang memiliki nilai spiritualitas dan moralitas tinggi serta bersandar pada nilai-nilai luhur keagamaan, norma dan budaya adi luhung.

 

Lebih lanjut, Wabup juga mengajak kepada segenap warga masyarakat agar terus berupaya sekuat tenaga memberikan peluang kepada lansia untuk tetap sehat, aktif dalam arti berpartisipasi dalam pembangunan dan memperoleh perlindungan sosial dihari tuanya. ‘’Kita perlu mewujudkan lingkungan yang ramah lansia dengan segala kemampuan yang kita miliki secara bersama-sama dan terkoordinasi’’, ajaknya.

 

Acara juga dimeriahkan dengan berbagai lomba-lomba, diantaranya; lomba senam  lansia, lomba nyanyi bagi lansia, lomba kelakar/lomba ngume lansia, serta pemberian bantuan sembako. Turut hadir dalam acara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Dr. Suhandri, S.Pog, perwakilan Dinas/Instansi di lingkungan Pemkab Belitung, para lansia, dan undangan lainnya.***dk

 

Sumber: Humas Setda Kabupaten Belitung


Berita Lainnya