Kamis, 10 November 2016 09:00

Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2016 di Kabupaten Belitung, 'Satukan Langkah Untuk Negeri'

Tanjungpandan- Tahun ini, Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November diperingati melalui serangkaian kegiatan yang dimulai dengan pelaksanaan Upacara Bendera, pada hari Kamis (10/11/2016) bertempat di Halaman Gedung Nasional.

 

Kapolres Belitung, AKBP Sunandar menjadi Inspektur Upacara dalam upacara yang diikuti dengan hikmat oleh Wakil Bupati Belitung, unsur Forkopimda, TNI/POLRI, Dinas/Instansi dilingkup Pemerintah Kabupaten Belitung, organisasi kepemudaan, serta pelajar se-Kabupaten Belitung.

 

Dalam upacara tersebut, AKBP Sunandar membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa dalam rangka peringatan Hari Pahlawan Tahun 2016 yang mengusung tema ”Satukan Langkah Untuk Negeri”.

 

”Setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan sebagai momen refleksi untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan. Peringatan tersebut didasarkan pada peristiwa ”Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, dengan memakan korban jiwa yang sangat besar”, ujar Sunandar.

 

Dijelaskannya bahwa peristiwa tersebut memberi kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah ”politik ketakutan”, melainkan ”politik harapan”. Bahwa seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan. Pengalaman merebut dan mempertahankan kemerdekaan juga menunjukkan betapa spirit perjuangan dan mental karakter kepahlawanan memiliki daya hidup yang luar biasa dalam menghadapi berbagai rintangan dan penderitaan.

 

”Tantangan dan persoalan yang kita hadapi saat ini memang berat. Akan tetapi, kita tidak boleh putus pengharapan. Para Pahlawan Kusuma Bangsa mengajarkan pada kita arti penting perjuangan, ketabahan dan harapan. Bahwa barang siapa yang ingin memiliki mutiara harus kuat menahan nafas dan berani terjun menyelami samudera yang sedalam-dalamnya. Oleh sebabnya, melalui momentum peringatan Hari Pahlawan 10 November 2016 yang dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, kita dapat mengambil makna yang terkandung didalamnya dengan meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan kepada kita semua seperti: taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan sendiri serta kerja keras, untuk membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para Pahlawan Bangsa”, tegas Khofifah dalam sambutannya.

 

Diakhir sambutannya, Khofifah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2016, ”Satukan Langkah Untuk Negeri”. (FW)

 

Sumber: Humas Setda Kabupaten Belitung