Rabu, 25 Januari 2017 14:00

Dukung Putra Belitong Menjadi Pahlawan Nasional..!!

H.AS Hanandjoeddin merupakan salah satu tokoh Belitung dan tokoh Angkatan Udara Republik Indonesia sekaligus pernah menjadi Bupati Belitung periode tahun 1967-1972. Lahir pada hari Jumat, 5 Agustus 1910, H.AS Hanandjoeddin merupakan anak dari pasangan Nek Selamah dan Kek Djoeddin.



Terlahir dari anak terbelakang dan terkungkung kemiskinan, H.AS Hanandjoeddin selalu berusaha mencari cara agar hidupnya dapat berguna bagi masyarakat, bangsa dan negaranya. Dengan berbekal pendidikan teknik yang didapat dari Sekolah rakyat di Tanjungpandan dan Ambacht School di Manggar serta pengalaman di bidang teknik penerbangan, maka melalui pertempuran di Pangkalan Bugis Malang, H.AS Hanandjoeddin beserta para pemuda berhasil merebut dan menguasai lapangan udara berikut 70 pesawat terbang Jepang. Dengan segala keterbatasan yang ada, pesawat terbang eks  Jepang yang rusak berhasil diperbaiki dan pada tanggal 17 Oktober 1945, pesawat cukiu berhasil diterbangkan selama 45 menit.


Keberhasilan tersebut menambah motivasi H.AS Hanandjoeddin beserta kawan seperjuangan untuk terus berupaya memperbaiki pesawat-pesawat yang rusak. Usaha dan kerja keras akhirnya membuahkan hasilnya. Pesawat yang telah diperbaiki akhirnya disumbangkan kepada sekolah Penerbang Jogjakarta dan pesawat inilah yang menjadi Alutsista pertama sekaligus modal awal berdirinya TRI Angkatan Oedera, 1946.



Banyaknya prestasi yang telah di ukir H.AS Hanandjoeddin, serta sifatnya yang bersahaja dan merakyat telah meninggalkan kenangan tersendiri bagi masyarakat Belitung dan namanya pun diabadikan sebagai nama Bandara. “Bandara H.AS Hanandjoeddin Belitong” yang saat ini telah ditetapkan sebagai Bandara Internasional berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor : KP 856 Tahun 2016, tanggal 22 Desember 2016, tentang “PENETAPAN BANDAR UDARA H.A.S. HANANJOEDDIN, TANJUNGPANDAN, PROPINSI BANGKA BELITUNG SEBAGAI BANDAR UDARA INTERNASIONAL”.



Jadi mari kita dukung putra Belitung H.AS Hanandjoeddin menjadi Pahlawan Nasional, PAHLAWAN DARI BELITONG UNTUK INDONESIA… (Mv)

 


 

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung