Selasa, 31 Januari 2017 09:24

KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM RI GELAR FGD DAN BIMTEK SOSIAL TERPADU

Tanjungpandan__Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia menggelar kegiatan Focus Group Disscusion (FGD) dan Bimbingan Teknis Sosial Terpadu yang dilaksanakan pada Selasa, (31/1) bertempat di Hotel Grand Hatika Tanjungpandan.

 

Dalam laporan Kepala Bidang Dana Bergulir selaku ketua panitia, Irene Swa Suryani mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yakni; untuk menginisiasi pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Dana Bergulir dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan pembiayaan bagi koperasi dan UMKM di Kabupaten Belitung.

 

Selanjutnya, menurutnya kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mengedukasi mengenai perpajakan bagi koperasi, sehingga koperasi selaku badan usaha dapat memahami tentang perpajakan, serta menginformasikan pembiayaan bagi KUMKM berorientasi ekspor.

 

Asisten Deputi Pembiayaan Non Bank dan Perpajakan, Deputi Bidang Pembiayaan, Ir. Suprapto, M. Si dalam laporannya mengatakan, adapun kegiatan yang dilaksanakan pada kesempatan ini, meliputi; Focus Group Discussion Inisiasi Pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Dana Bergulir, Bimtek alternative pembiayaan bagi KUKM orientasi ekspor, serta Bimteksos advokasi perpajakan.

 

‘’Kedatangan kami ke Kabupaten Belitung untuk menjawab inisiatif DPRD Kabupaten Belitung atas kunjungan kerja yang dilakukan terkait pembentukan BLUD DB UMKM. Untuk itu, mari manfaatkan pertemuan ini dengan sebaik-baiknya’’, jelasnya.

 

Sementara Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani dalam sambutannya mengharapkan agar para peserta yang mengikuti FGD pada kesempatan ini dapat mengetahui dan memahami  apa-apa saja jalan yang bisa kita tempuh untuk mendorong usaha yang dijalankan agar bisa bergerak maju ke depan seiring perkembangan daerah.

 

‘’Saya harapkan kepada narasumber agar dapat memberikan pemahaman yang sebenar-benarnya kepada peserta. Saya berharap peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan berdialog dan berdiskusi dengan narasumber untuk mencari dan menggali informasi terkait usaha yang dijalankan termasuk untuk KUKM yang berorientasi ekspor’’, jelas Wabup.

 

Lebih lanjut, Wabup juga berpesan agar peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, jangan disia-siakan karena kegiatan ini merupakan kesempatan langka dapat bertemu dan berdiskusi langsung dengan narasumber, baik dari Kementerian Koperasi dan UKM RI maupun dari Kemendagri.

 

Turut hadir dalam acara pembukaan, Wakil DPRD Kabupaten Belitung, Budy Prastiyo, ST, MT, para narasumber, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Adnizar, SH, perwakilan Dinas/Instansi di Lingkungan Pemkab Belitung, para peserta perwakilan koperasi dan UKM di Kabupaten Belitung.***dk

 

 

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung