Senin, 13 Februari 2017 16:00

KPID Babel Gelar EDP Dengan LPPL Radio Suara Praja

Tanjungpandan___Sebagai proses permohonan izin penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Kepulauan Bangka Belitung menggelar kegiatan Evaluasi Degar Pendapat (EDP) dengan Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Suara Praja. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis, (9/2) di Ruang Sidang Pemkab Belitung.


Kegiatan ini merupakan proses yang harus dilalui oleh Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Suara Praja yang merupakan lembaga penyiaran publik sebagai pemohon izin penyelenggaraan penyiaran.


Acara dibuka oleh Komisioner KPID Provinsi Babel Koordinator Bidang Kelembagaan, Wahyu Saputra. Dalam sambutannya, Wahyu menjelaskan kegiatan Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) dilaksanakan dengan mengacu pada Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang penyiaran yang intinya menyatakan bahwa setiap daerah yang ingin mendapatkan izin penyiaran harus memasuki pintu awal, yakni: EDP. Nantinya bila dinyatakan lulus sidang, KPID akan mengeluarkan surat keputusan atau rekomendasi. ‘’Proses panjang ini merupakan pekerjaan rutin yang kami laksanakan di KPID’’, jelasnya.


Lebih lanjut, Wahyu berharap kepada pemohon, dalam hal ini LPPL Radio Suara Praja agar dapat mempresentasikan apapun itu kepada KPID, Kominfo, maupun tokoh masyarakat agar proposal yang diajukan dapat dipertanggungjawabkan karena ini milik publik/masyarakat. ‘’Kami juga berharap LPPL Suara Praja nantinya dapat menjadi jembatan informasi antar Pemerintah Kabupaten Belitung dengan masyarakat Belitung’’, harapnya.


EDP merupakaan salah satu tahapan terpenting dalam proses pendapatan izin penyiaran. Penyelenggaraan EDP bertujuan untuk menerima masukan dari masyarakat sebagai gambaran dan bahan pertimbangan apakah layak atau tidaknya mendapatkan izin penyiaran. Ini merupakan langkah awal yang pada akhirnya akan menghasilkan Rekomendasi Kelayakan (RK) kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menerbitkan IPP (Izin Penyelenggaraan Penyiaran).


Kegiatan ini turut dihadiri oleh nara sumber dan undangan dari berbagai unsur yakni, Balai Monitor Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Edy Kustono, Komisioner KPID Propinsi Kepulauan Babel, Koordinator Bidang Isi Siaran, Barlianto, Koordinator Bidang Perizinan, Ruslan, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Belitung, Ishak Moerobi, Asisten Bidang Pemerintahan Setda, Mirang Uganda, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda, Edy Suprapto, Direktur LPPL Radio Suara Praja, Arbuan Ardai, serta segenap undangan lainnya.***dk
 

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung


Berita Lainnya