Selasa, 14 Februari 2017 16:00

WABUP HADIRI PERINGATAN HPN TAHUN 2017

TANJUNGPANDAN- Panitia Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2017 menggelar peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2017 yang ke-32, Senin, 13 Februari 2017 bertempat di Gedung Serba Guna Pemkab. Belitung.  Peringatan hari pers ini di hadiri oleh Wakil Bupati Belitung, H. Erwandi. A. Rani, Anggota DPRD Kabupaten Belitung, Rudi Hartono dan MinTet, unsur forkompinda serta undangan lainnya.


Ketua Panitia HPN 2017, Irfan Agustiawan dalam laporannya menyampaikan tema yang diangkat dalam HPN tahun 2017 ini adalah “Dengan Momentum Hari Pers Nasional  2017 Mari Kita Jalin Kebersamaan antara Pemerintah, Swasta, Masyarakat, dan Insan Pers untuk Mensukseskan Pariwisata Negeri Laskar Pelangi Belitung”.


Irfan berharap melalui momentum ini rekan jurnalis bisa meningkatkan profesionalisme kerja di dalam mencari bahan untuk pemberitaan dan menjunjung tinggi serta tetap dalam lingkaran kode etik jurnalistik.


Sementara itu, Ketua Perwabel, Yurman, AB mengatakan fungsi pers sangatlah penting, bukan hanya di kehidupan saat ini, akan tetapi keberadaannya sudah banyak membantu dalam pembangunan bangsa dari era sebelum kemerdekaan berlangsung. Ini dapat dikaitkan dengan perkembangan pers yang semakin maju dan berkembang dengan kemasan yang lebih baik dibandingkan dengan zaman dahulu sebelum HPN diperingati.


“Wartawan dan pers pada umumnya harus dapat menjaga integritas dan memegang teguh kode etik yang menjadi pedoman dalam menjalankan profesinya. Dengan penegakkan kode etik dan moral yang dipegang secara kuat maka wartawan dapat mengatasi berbagai pelanggaran profesi yang sering kali terjadi”, ujar Yurman.


Yurman berharap peringatan HPN ini tidak hanya sekedar diperingati setiap tahunnya, namun semuanya diajak untuk lebih menyimak pesan didalamnya agara menjadi pribadi yang lebih baik lagi di masa yang akan datang yang turut serta dibantu dengan pers itu juga.
 

Semantara itu, Wakil Bupati Belitung, H. Erwandi A. Rani dalam sambutannya menyampaikan setiap peringatan HPN yang dilaksanakan dapat berjalan meriah, merakyat, kreatif, dan relevan, serta insan pers dapat terus meningkatkan mutu dan kualitas dunia jurnalisme agar menjadi lebih baik lagi ke depan.


“Pers di era demokrasi sekarang ini adalah salah satu pemegang kekuasaaan power holder. Dimanapun di dunia ini, pemegang kekuasaan selalu menghadapi godaan. Oleh karena itu, dianjurkan agar kira selalu menggunakan kekuasaan yang diemban untuk sebesar-besarnya kepentingan rakyat”, lanjut Erwandi.


Erwandi juga berharap kepada insan pers, agar bisa terus meningkatkan kompetensi dibidangnya, sehingga pada akhirnya nanti, insan pers dapat kompeten dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pekerja dibidang informasi publik. ***Mrv
 

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung


Berita Lainnya