Kamis, 16 Februari 2017 16:00

KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM RI GELAR BINTEK DAN SOSIALISASI

Tanjungpandan__Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia  menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis dan Sosialisasi yang terdiri dari Bintek Advokasi Akuntabilitas Koperasi, Bintek Penerapan Tata Kelola Koperasi yang Baik (Good Cooperative Governance), Bintek Penerapan Tata Kelola UMK yang Baik, dan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Koperasi dan UMKM di Kabupaten Belitung. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Kelembagaan, Ir. Meliadi Sembiring, M.Sc pada Kamis, (16/2) bertempat di Hotel Grand Hatika Tanjungpandan.


Dalam laporan Ketua Panitia kegiatan, Asisten Deputi Tatalaksana Koperasi dan UKM, Drs. Toto Sugiono, MM mengatakan, bintek ini diikuti peserta sebanyak 130 orang yang terbagi dalam 4 bidang yakni; Bintek advokasi akuntabilitas koperasi dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang, terdiri dari; Aparatur dari Dinas Perindagkop dan  UKM Kabupaten Belitung dan para pengurus/manajer koperasi yang membidangi keuangan (juru catat); Bintek Penerapan Tata Kelola Koperasi yang baik dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang peserta, terdiri dari; pengurus/manajer koperasi dan aparatur Dinas Perindagkop dan UKM Kabupaten Belitung; Bintek Penerapan Tata Kelola UKM yang baik dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang, terdiri dari; aparatur pembina UMKM dan para pelaku UMKM; serta Sosialisasi peraturan perundang-undangan di bidang koperasi dan UMKM dengan jumlah peserta 30 orang, terdiri dari; Aparatur Dinas Perindagkop dan UKM Kabupaten Belitung dan para Gerakan koperasi.

Lebih lanjut, menurutnya kegiatan ini juga dilaksanakan dengan menindaklanjuti surat dari Sekretaris Kabinet RI Nomor B/748/Seskab/Maritim/12/2016, tanggal 23 Desember 2016 perihal ‘’Tindak Lanjut Arahan Presiden’’ pada Sidang Kabinet Paripurna, 7 Desember 2016 dan Pertemuan dengan Pelaku Industri Jasa Keuangan di Istana Negara 14 Januari 2016.


Rangkaian acara ini juga dilaksanakan sebagai tindak lanjut arahan Presiden, salah satunya terkait dengan upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dari 9 juta menjadi 20 juta pada tahun 2019 mendatang.


‘’Untuk itu, diharapkan kepada Kementerian/Lembaga/Instansi Pemerintah agar dapat mendukung program pariwisata bidang infrastruktur dan fasilitas pariwisata di 10 daerah destinasi wisata, salah satunya di Kabupaten Belitung. Kepada peserta diharapkan agar dapat berperan aktif, sehingga dapat meningkatkan pengetahun dan pemahaman sebagai upaya untuk meningkatkan pengembangan koperasi dan UKM di Kabupaten Belitung’’, jelasnya.


Deputi Bidang Kelembagaan, Ir. Meliadi Sembiring, M.Sc dalam sambutannya mengatakan, Belitung dipilih sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan ini, tentunya dengan beberapa pertimbangan, salah satunya karena Belitung menjadi salah satu daerah destinasi wisata yang diunggulkan di Indonesia. Untuk itu, agar pariwisata Belitung semakin baik ke depan, perlu terus dilakukan upaya-upaya pengembangan, salah satunya terkait infrastruktur. Karena hal ini juga akan berimbas pada berkembangnya sektor koperasi dan UKM di Belitung.


Sementara Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia beserta para nara sumber yang telah memprakarsai pelaksanaan kegiatan ini. ‘’Mudah-mudahan kegiatan ini dapat meningkatkan sinergi dalam mendorong dan memajukan Koperasi dan UKM yang ada di Kabupaten Belitung, agar selanjutnya menjadi lapangan usaha yang mensejahterakan masyarakat dan memacu pertumbuhan ekonomi di Indonesia’’, jelas Wabup.


Lebih lanjut, Wabup juga berharap kepada para peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik mungkin, sehingga informasi-informasi terkait regulasi dan teknis lainnya dalam Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dapat tersosialisasikan dengan baik dan dapat diimplementasikan kembali oleh Aparatur Pemerintah dilingkup Pemerintah Kabupaten Belitung serta para pelaku usaha sesuai dengan aturan yang ada.


Turut hadir dalam acara, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), M. Sarkawi Rauf, perwakilan Dinas/Instansi di Lingkungan Provinsi Babel dan Pemkab Belitung, para narasumber, para peserta dan segenap undangan lainnya.***dk
 

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung