Jum'at, 17 Februari 2017 16:00

KPPU Gelar Sosialisasi Peraturan KPPU Nomor 1 Tahun 2015

Tanjungpandan___ Dalam rangka mendorong terbentuknya struktur pasar yang menjamin timbulnya persaingan usaha yang sehat dan melindungi konsumen. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Perwakilan Daerah Batam menggelar Kegiatan Sosialisasi Peraturan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Nomor 1 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pengawasan Pelaksanaan Kemitraan. Acara ini di gelar di Hotel Grand Hatika, Jum’at (17/2) dan dibuka secara resmi oleh Komisioner KPPU, Dr. Sukarmi, S.H, M. H.

 

Dalam sambutannya, Sukarmi mengatakan Kantor Perwakilan Daerah (KPD) Batam memiliki 4 (empat) wilayah kerja, terdiri dari; Kepulauan Riau, Riau, Jambi dan Kepulauan Bangka Belitung. Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada setiap anggota Satgas Kemitraan se-wilayah kerja Kantor Perwakilan Daerah (KPD) Batam, pelaku usaha besar, menengah, kecil dan mikro terkait pengawasan pelaksanaan kemitraan yang dilakukan UMKM untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif dan kemitraan yang dilaksanakan dengan memperhatikan prinsip kemitraan dengan menjunjung etika bisnis yang sehat. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran tata cara pengawasan pelaksanaan kemitraan.
‘’Mudah-mudahan apa-apa yang akan disampaikan dalam kegiatan ini bisa bermanfaat, dan KPPU siap untuk bekerjasama dan membantu apapun kendala dan permasalahan yang mungkin dihadapi pelaku usaha’’, jelasnya.


Sementara Wakil Bupati Belitung, Drs. Erwandi A. Rani dalam sambutannya berharap kepada para peserta, baik perwakilan dari Kabupaten Belitung maupun dari luar Belitung  agar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. ‘’Sampaikan apa-apa hambatan dan permasalahan yang dirasakan para pelaku usaha agar dapat disampaikan/didiskusikan. Jangan segan untuk diungkapkan, karena seyogyanya kita dilindungi oleh kelompok yang memang menaungi untuk melakukan mediasi’’, jelasnya.


‘’Mari kita bersama-sama saling berdampingan untuk maju. Bukan hanya untuk diri kita sendiri, tapi ini untuk kemajuan kita bersama. Kepada pelaku usaha, di Belitung khususnya, silahkan berkreasi dan bersaing secara sehat. Ikuti kegiatan ini dengan baik, yang penting adalah ilmunya. Kalau ilmunya sudah ada tinggal actionsnya. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan lancar. Dan selaku Pemerintah Kabupaten Belitung, kami siap mensupport dan mendukung berbagai kegiatan yang dilaksanakan di daerah kami. Silahkan nikmati juga waktu senggang untuk jalan-jalan, menikmati dan merasakan makanan khas Belitung, begitu juga tempat wisata yang ada di Belitung’’, kata Wabup.


Kegiatan ini diikuti para peserta dari; Anggota Satgas Kemitraan dari 4 (empat) Provinsi Wilayah Kerja KPD Batam, Pengurus KADIN 4 (empat) Provinsi Wilayah Kerja KPD Batam, Asosiasi PHRI Bangka Belitung, Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kabupaten Belitung, dan Dinas/Instansi terkait.


Turut hadir dalam acara pembukaan, Direktur Pengawasan Kemitraan KPPU, Dedy Sani Ardi, S.E, M.E, Kepala Kantor Perwakilan Daerah Batam, Lukman Sungkar, S.E, M.M, Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kabupaten Belitung, Azhar, S.IP, serta undangan lainnya. ***dk
 

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung