Senin, 20 Februari 2017 10:55

Bupati Resmi Buka Forum SKPD Tahun 2018

Tanjungpandan- Forum SKPD dengan agenda Pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Belitung Tahun 2018 dibuka oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos. pada hari Senin (20/2/17) bertempat di Ruang Pertemuan Bappeda Kabupaten Belitung.

 

Sebelum membuka Forum tersebut, Bupati Belitung menyampaikan beberapa arahan diantaranya mengenai pentingnya agar setiap SKPD melakukan sinkronisasi antara perencanaan dan aktualisasinya serta mengacu pada visi misi Pemerintah Daerah.

 

Lebih jauh Sahani menambahkan , agar pendekatan yang digunakan oleh SKPD dalam pencapaian target pembangunan Tahun 2018 sebagaimana arahan dari pemerintah pusat, dilakukan dengan penguatan pelaksanaan kebijakan “Money Follow Program”.

 

“Penguatan tersebut dilaksanakan melalui pendekatan Holistik-Tematik, Integratif dan Spasial dengan memperhatikan pengendalian dan penguatan perencanaan dan penganggaran. Dengan demikian, APBD 2018 tidak akan mengakomodir kegiatan atau usulan kegiatan diluar Renja SKPD, atau diluar dari rangkuman pokok pikir DPRD yang sudah dilakukan pembahasan dengan SKPD ataupun diluar rangkuman pembahasan dari Musrenbang masing-masing Kecamatan”, jelas Sahani.

 

Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Taufik Rizani, A.Md juga berharap agar 3 (tiga) sektor unggulan harus didukung dengan baik, seperti pada sektor pariwisata yang harus dikelola dengan baik jangan sampai kehilangan momentum, perlu dilaksanakan even - even setiap bulan untuk menarik wisatawan berkunjung, serta dukungan masyarakat khususnya Kelompok Sadar Wisata yang ada didesa dan kelurahan  yang perlu juga ditingkatkan melalui  pembinaan .

 

“Selain itu, sektor- sektor unggulan harus didukung  pula dengan anggaran yang memadai”, tambah Taufik.

 

Forum SKPD yang dihadiri oleh Wakil Bupati Belitung, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Anggota DPRD Kabupaten Belitung, Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung beserta jajarannya dan undangan lainnya,  merupakan rangkaian tahapan penyusunan dokumen perencanaan dalam hal ini Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) khususnya Tahun 2018, yang merupakan akumulasi dari Rancangan Rencana Kerja (Renja) SKPD Kabupaten Belitung Tahun 2018 yang sebelumnya sudah didahului dengan tahapan pelaksanaan Forum Konsultasi Publik dan Musrenbang Kecamatan di tiap-tiap kecamatan.

 

Dalam  Forum SKPD akan dipertajam dan dibahas lebih lanjut terkait berbagai usulan yang sudah dibahas di Musrenbang tiap kecamatan maupun berbagai usulan pokok pikir yang berasal dari anggota DPRD Kabupaten Belitung. (FW)

 

 

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung