Kamis, 23 Februari 2017 12:00

79 Mahasiswa STIS PKL di Kabupaten Belitung

Tanjungpandan__Sebanyak 79 Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) Jakarta  angkatan 56 melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kabupaten Belitung. Kedatangan rombongan dosen dan mahasiswa STIS disambut hangat Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Belitung, Drs. H. Jasagung Hariyadi, M.Si yang pada kesempatan ini mewakili Bupati Belitung.

 

Kegiatan penyambutan mahasiswa berlangsung pada Rabu, (22/2) di Ruang Rapat Pemkab Belitung dan turut dihadiri Asisten Bidang Pemerintahan Setda, Mirang Uganda, SH, perwakilan dosen beserta jajaran STIS Jakarta, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Belitung, Azhar, S.IP, perwakilan Dinas/Instansi di lingkungan Pemkab Belitung, serta undangan lainnya.


Dalam laporannya, Novia Budi Purwanto, Phd selaku perwakilan Dosen STIS mengatakan, STIS merupakan perguruan tinggi kedinasan dibawa lingkungan BPS yang mahasiswanya berasal dari seluruh Indonesia, dan diantara mahasiswa yang PKL di Provinsi Bangka Belitung ada 9 orang yang berasal dari Timor Leste.

‘’PKL yang dilakukan dalam bentuk survei dimulai dari perencanaan, penyusunan kuisener, pemilihan metode sampling yang tepat, lalu pelaksanaan dilapangan hingga analisis dan sosialisasi hasil,” ujar Novia.


Dikatakannya, PKL Mahasiswa akan berlangsung mulai tanggal 22 Februari s.d 3 Maret 2017 tersebar di 140 Desa/Kelurahan di Provinsi Babel. Kepada para Camat/Lurah, diharapkan bantuannya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan PKL.


Sementara Jasagung Hariyadi, dalam sambutannya mengatakan, Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu kegiatan untuk merekatkan diri mahasiswa dengan masyarakat. Kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan konteks Tri Dharma Perguruan Tinggi, sekaligus sebagai bagian dari tugas pengabdian yang dibebankan kepada mahasiswa sebagai perwujudan nyata dan keterikatan emosional antara dunia kampus dengan masyarakat.


Kepada para peserta, ia berharap selama mengikuti PKL hendaknya tidak keluar dari koridor aturan dengan senantiasa memperhatikan rambu-rambu yang telah ditetapkan oleh pihak Perguruan Tinggi, dan senantiasa melakukan koordinasi dengan pihak Kecamatan/Kelurahan setempat.


Lebih lanjut, diakhir sambutannya, Jasagung juga berharap setelah berakhirnya kegiatan ini, pihak STIS agar dapat memberikan bahan laporan berupa hasil akhir kegiatan PKL yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan bagi Pemkab Belitung. ‘’Setidaknya data-data yang dihasilkan dapat memudahkan Pemkab Belitung dalam menjalankan proses pembangunan ke depan sesuai dengan judul PKL yang diusung yakni ”Small Area Estimation’’, studi kemiskinan dan distribusi pendapatan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung’’, jelasnya.


Disela-sela acara juga berlangsung penyerahan jaket dan pertukaran cinderamata antara perwakilan dari STIS Jakarta dengan perwakilan dari Pemkab Belitung. Acara juga diisi dengan paparan Selayang Pandang Belitung.***dk

 

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung


Berita Lainnya