Jum'at, 10 Maret 2017 09:30

DISKOMINFO KABUPATEN BELITUNG GELAR SOSIALISASI PPID

Tanjungpandan___Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung menggelar kegiatan Sosialisasi Penguatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dengan mengusung tema ‘’Dengan Strategi Komunikasi, Kita Wujudkan PPID yang Dinamis Menuju Terwujudnya Anti Korupsi Melalui Keterbukaan Informasi Publik’’.

 


Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani pada Kamis, (9/2) bertempat di Ruang Rapat Pemkab Belitung dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, yakni; Kasubdit Layanan Publik, Direktorat Komunikasi Publik, Irawan Usman dan Kepala Bagian Pelayanan Informasi, Biro Humas PPID, Soekartono, S.IP, M.Si.

 


Dalam laporannya, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Belitung, Adnizar, SH, selaku Ketua Panitia Kegiatan mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Keputusan Bupati Belitung Nomor  : 188.45/ 373/KEP/DISHUBKOMINFO/2014, tanggal 30 Juni 2014 tentang PPID di Lingkungan Pemkab Belitung.

 


Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yakni; agar tercapainya kinerja PPID yang optimal di lingkup Pemkab Belitung, serta agar PPID Utama dan PPID Pembantu memahami tugas pokok dan fungsinya dan dapat melaksanakan tupoksinya dengan baik.

 


Sementara Wabup, dalam sambutannya mengatakan, informasi merupakan kebutuhan mendasar setiap orang sebagai pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

 


Lahirnya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dilatarbelakangi dengan bergulirnya reformasi informasi yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat, yang mana keterbukaan informasi  sebagai  konsekuensi negara demokrasi dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik dan menjadikan sarana mengoptimalkan pengawasan publik. Dengan demikian peran aktif masyarakat dalam pengambilan kebijakan dapat mewujudkan penyelenggaraan negara yang lebih transparan, efektif, efesien dan akuntabel.

 


‘’Kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, dan apabila ada hal-hal yang belum dipahami, untuk tidak segan bertanya kepada narasumber. Saya juga berharap partisipasi aktif kita semua dalam proses pengambilan kebijakan publik, agar dapat mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi yang berkualitas di lingkup Pemerintah Kabupaten Belitung’’, kata Wabup.

 


Lebih lanjut, Erwandi juga menjelaskan bahwasanya informasi itu penting untuk diketahui masyarakat. ‘’Untuk itu, saya berharap agar dapat dipahami dengan baik terkait informasi-informasi yang perlu disosialisasikan ke masyarakat agar masyarakat bisa paham apa-apa yang dilakukan Pemerintah Daerah. Kita harus bisa menggerakan arus informasi agar bisa sampai dan diterima masyarakat dengan baik’’, jelasnya.

 


Wabup juga meminta kepada Dinas/Instansi di lingkungan Pemkab Belitung agar dapat senantiasa sigap memberikan informasi kepada masyarakat terkait apa-apa yang telah dicapai dan dilaksanakan masing-masing Instansi, baik terkait kinerja, rencana pembangunan maupun capaian prestasi yang diraih.

 


Turut hadir dalam acara pembukaan, Asisten Bidang Pemerintahan, Mirang Uganda, SH, perwakilan Dinas/Instansi di lingkungan Pemkab Belitung, para peserta yang terdiri dari Pejabat Pengelola PPID, serta undangan lainnya.***dk
 

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung