Senin, 20 Maret 2017 09:47

PEMBUKAAN FORUM ANAK BELITUNG

Tanjungpandan--- Pembentukan forum anak merupakan salah satu media, wadah maupun pranata untuk memenuhi hak partisipasi anak yang diselenggarakan di Kabupaten Belitung setiap tahunnya. Kebijakan pemerintah di bidang partisipasi anak adalah dengan pembentukan wadah-wadah partisipasi anak sebagai media untuk mendengarkan dan menyuarakan aspirasi, pendapat dan harapan anak sebagai bentuk partisipasi anak dalam proses pembangunan, ujar Bupati Belitung dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Bidang Perekonomia Pembangunan Setda Kabupaten Belitung Drs. H. Jasagung Hariyadi,M.Si yang bertempat di Ruang Pertemuan Hotel Pondok Impian (20/03) senin pagi
 

Untuk itulah, forum anak yang kita selenggarakan merupakan salah satu mata rantai kegiatan besar untuk mewujudkan kesejahteraan dan perlindungan anak dalam bentuk fasilitasi bagi anak-anak di Kabupaten Belitung, sebagai media untuk saling berinteraksi sesama anak-anak, sekaligus sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas di berbagai bidang, diantaranya kepemimpinan, disiplin, persahabatan dan persaudaraan yang merupakan bentuk kristal-kristal perekat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di tengah-tengah dunia yang berubah dengan cepat,lanjutnya

 

Lebih jauh, saya juga berharap agar forum anak tidak hanya menampung anak-anak dari kelompok yang sudah eksis, seperti Osis, Pramuka, Remaja Masjid dan sejenisnya tetapi juga harus menjangkau anak-anak termarjinalkan, seperti; anak jalanan, anak minoritas, anak berkebutuhan khusus, anak bermasalah hukum, anak yang berada jauh dari kota atau berada di pulau terpencil, dan anak-anak lainnya, ujar Jasagung.

 

Selamat Mengikuti Forum Anak. Semoga dalam pelaksanaanya nanti dapat terlaksana dengan sukses sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan. Jadilah pribadi yang aktif, kritis dan kompetitif, sehingga pada saatnya nanti kalian semua dapat menjadi generasi muda yang sehat, cerdas dan kompeten di bidang masing-masing, Ujar Jasagung diakhir sambutannya.

 

Sementara itu, Ketua Forum Anak Kabupaten Belitung Meidi Firmansyah dalam sambutannya mengatakan bahwa anak-anak adalah aset terpenting bangsa, karena anak merupakan penerus para orang tua kami, maka segala tanggung jawab untuk mengemban masa depan Belitung, masa depan Indonesia, ada pada diri kami. Bila sekarang kami disuguhkan memory-memory buruk jangan heran jika nanti anak-anak cemerlang Indonesia memiliki rasa nasionalisme dan kebhinekaan yang minim bila kami terus dipandang sebelah mata. Ini bukan doa saya, ini adalah sebuah analisis dan analisis ini cepat atau lambat akan terjadi di masa depan bila sekarang tidak ada perubahan.

 

Namun anehnya, anak-anak masih dipandang sebelah mata oleh orang tua atau orang dewasa disekitarnya, hal ini saya sampaikan bukan karena saya ingin menyudutkan para orang tua kami, tapi hal ini memang nyata yang terjadi di lapangan. Karena anak ibarat kertas kosong, lalu orang tua/orang dewasa menjadi penulisnya, apa yang ditulis akan menjadi isi dalam kertas/buku tersebut dan bisa dikatakan sebagai karakter diri kami, kami tidak terlalu membutuhkan sampel buku yang bagus seperti uang yang banyak, harta yang berlimpah dan kepuasan materi, tapi yang terpenting adalah yang kalian tuliskan pada kertas tersebut pada kami, ujar Meidi.

 

Kegiatan forum anak Belitung ini diselenggarakan selama 3 (tiga) hari mulai dari tanggal 20 Maret 2017 sampai dengan tanggal 22 Maret 2017, dan peserta forum anak Kabupaten Belitung dihadiri perwakilan setiap sekolah yang ada dikabupaten Belitung serta akan diberikan pembekalah materi selama kegiatan berlangsung. (tdy)

 

 

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung