Rabu, 22 Maret 2017 12:00

Sosialisasi Dan Workshop Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM)

Tanjungpandan__Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani membuka secara resmi kegiatan Pembukaan Sosialisasi Dan Workshop Rencana Kontijensi Penanggulangan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) di Wilayah Kabupaten Belitung pada Senin, (20/3) bertempat di Hotel Grand Hatika Tanjungpandan.

 


Dalam sambutannya, Wabup menyambut baik dipilihnya Belitung sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan sosialisasi KKM, karena Belitung akhir-akhir ini sangat terbuka sekali, baik untuk lingkup nasional maupun internasional. Apalagi saat ini, kita baru saja menjajaki program baru yang sifatnya terbuka, yakni Geopark. Dan tentunya tidak bisa kita pungkiri Geopark akan terbuka secara luas dan tidak ada alasan bagi kita  untuk tidak menerima tamu-tamu dari luar negeri.

 


‘’Hal ini tentu bisa menjadi persoalan baru bagi kita, karena akan ada banyak orang-orang asing atau tamu yang berada di daerah kita, dan kita tidak pernah tau apa yang mereka bawa, entah itu penyakit/bibit. Untuk itulah, adanya kegiatan seperti ini penting untuk kita cermati bersama, apalagi bagi pelaku/petugas yang bergelut langsung di lapangan’’, kata Wabup.

 


Pada intinya menurut Wabup, bukan tidak mungkin kita akan bertemu dengan masalah kesehatan yang ada di daerah kita. Inilah resiko daerah terbuka, akan ada banyak hal-hal aneh dan baru yang bisa kita temui. Bukan tidak mungkin dan harus kita ingat dan sadari bahwa dunia ini pada intinya persaingan. Kalau daerah ini ingin maju bukan tidak mungkin ada upaya-upaya yang dilakukan pihak lain untuk menghancurkannnya. Oleh karena itu, perlu adanya upaya antisipasi bagi kita untuk menjaga daerah kita. Mudah-mudahan ke depan daerah kita tetap aman.

 


Sementara Ketua Panitia, Joko Sarjono, dalam laporannya mengatakan, tujuan umum dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menyusun rencana kontijensi untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan terjadinya KKM di Kabupaten Belitung. Sedangkan tujuan khususnya agar tersusunnya kontijensi sebagai bentuk kesiapsiagaan penanggulangan dalam menghadapi kemungkinan masuk dan keluarnya KKM di Kabupaten Belitung.

 


‘’Untuk itulah kegiatan ini penting untuk dilaksanakan mengingat Kabupaten Belitung merupakan salah satau daerah yang menjadi pintu masuk kegiatan internasional’’, jelasnya.

 


Turut hadir dalam acara, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Pangkal Pinang, Sirjon Sihotang, Perwakilan Kadinkes Propinsi Babel, Muhammad Henry, Kadinkes Kabupaten Belitung, Dr. Suhandri, para narasumber, peserta yang terdiri dari unsur Forkominda Kabupaten Belitung, pejabat di lingkungan Pemkab Belitung, Dinkes Propinsi babel, Instansi terkait, serta undangan lainnya.***dk
                                                                                                 
 

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung


Berita Lainnya