Senin, 20 Maret 2017 10:00

Pelabuhan Penyeberangan, Wujud Sinergitas Pemerintah Pusat dan Daerah

Selat Nasik (BB) . Pelabuhan Penyeberangan memiliki fungsi strategis dalam membangun konektivitas antar  wilayah dan memperlancar jalur distribusi barang dan mobilitas masyarakat dari dan ke pulau Mendanau, Kecamatan Selat Nasik . Bupati Belitung Sahani Saleh beserta Tim Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meninjau lokasi Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Nyato, Desa Petaling Kecamatan Selat Nasik, Sabtu (18/3) lalu.

Kepada media, Bupati menjelaskan “Berkembang dan majunya suatu wilayah itu, tak lepas dari peran pelabuhannya. Termasuk daerah-daerah terluar atau di pulau-pulau ini. Salah satunya kami ingin membangun Pelabuhan Tanjung Nyato. Tujuannya untuk menggerak ekonomi masyarakat. Karena daerah ini memiliki potensi yang beraneka ragam dan keindahan alam yang luar biasa”.

Rombongan Bupati dan Tim Kementerian yang didampingi Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Belitung Ayi Thamrin Arifin, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung Edy Surapto dan Camat Badau Robert Harison yang menyeberang dari Tanjung Ru’ disambut  Kades Petaling begitu sampai di Pelabuhan Tanjung Nyato.

Dengan peninjauan oleh Direktorat Perhubungan Kementerian Perhubungan menunjukkan perjuangan Bupati  mendorong percepatan pembangunan di wilayah pulau kecil dan pesisir tidak sia-sia “ Pada prinsipnya kami selalu siap apa pun dokumen-dokumen dan persyaratan yang harus dilengkapi. Termasuk persiapan lahan-lahan yang dibutuhkan,” ucap Bupati.

Sinergitas antara Pemkab Belitung dan pemerintah pusat diharapkan dapat ditingkatkan. Sasarannya bukan hanya untuk memperlancar jalur distribusi tetapi juga perkembangan di sektor jasa pariwisata juga. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, banyak investor yang melirik pulau Mendanau sebagai destinasi wisata yang potensial kedepan.

Hal ini diungkapkan Kasubdit Pelabuhan Penyeberangan Direktorat Prasarana Perhubungan Darat Kemenhub Johnny Siagian.  “Sejauh ini, saya kira semua persiapan yang dilakukan Pemda sudah sangat bagus. Dan lokasi yang  diusulkan itu, ternyata memiliki banyak potensi. Saya yakin, apabila sinergi ini berjalan dengan baik, pulau Mendanau ini akan maju pesat. Ditambah dukungan moda transportasi laut, tentu pariwisata Belitung kedepannya.Kunjungan wisatawan akan jauh lebih meningkat dari sebelumnya” ujar Johnny

Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Nyato menghubungan dua desa di dua kecamatan yakni desa Tanjung Ru’ desa Pegantungan di Kecamatan Badau dan desa Petaling di Kecamatan Selat Nasik. “Mudah-mudahan tahun 2018 nanti, usulan perencanaan pembangunan ini sudah masuk dalam mendatang program tahunan kita. Sehingga tahun 2021 mendatang Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Nyato sudah bisa dioperasikan. Meski tahun 2018 pembangunan nanti sudah dimulai, tetapi ada beberapa tahap yang harus dilalui,” pungkasnya (fiet)

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: Diskominfo


Berita Lainnya