Rabu, 12 April 2017 09:00

Bupati Berharap Lebih Banyak Cabang STQ Dilombakan

Tanjungpandan, BULETINBELITONG.   Kegiatan STQ dan MTQ merupakan  bagian untuk mewujudkan generasi Qur’ani sekaligus syiar dalam menyampaikan nilai-nilai Qur’an. Hal ini disampaikan Bupati saat membuka Seleksi Tillawatil Qur’an (STQ) Tingkat Kabupaten Belitung Tahun 2017 di Ruang Pertemuan UPT Tirtaloka Kolong Keramik Tanjungpandan, Selasa malam 11 April 2017.
 
 
Bupati mengingatkan kembali, dengan perkembangan zaman sekarang ini banyak persoalan berkaitan tataran kehidupan bermasyarakat dan bernegara yang sudah mengarah pada kaidah-kaidah diluar dari petunjuk Al-Qur’an dan Hadist. Dengan kegiatan semacam ini diharapkan pengamalan  nilai-nilai Al-Qur’an  dapat  ditingkatkan.
 
 
Selain itum Bupati  berharap penyelenggaraan  STQ lebih meningkat baik secara kualitas, lebih banyak maupun peningkatan dari cabang yang dilombakan dibandingkan tahun sebelumnya. Begitupun dengan kelompok-kelompok pengajian.”Sekarang ini yang lebih dominan justru kelompok pengajian ibu-ibu “ ujar  Bupati.
 
 
Mengawali lomba STQ Kabupaten Belitung Tahun 2017, Bupati Belitung melantik dewan hakim sebagaimana  telah ditetapkan dengan keputusan Bupati Belitung Nomor  188.45/188/Kep/VI/2017 tentang Dewan Hakim Tillawah dan Hifzh Tingkat Kabupaten Belitung 2017. Kesepuluh Dewan Hakim diantaranya terdiri dari H.Muhammadiah S.Ag selaku Ketua Dewan Hakim, Drs.Huziadi Husin selaku Sekretaris, H. Yusri Yusadi, H.Ucu Sibromilsi S.Ag, Solmiatun, Achmad Raifani, Irwan Akhyar,SE, Hairul Anwar, Fitriyatun
 
 
Ketua LPTQ Kabupaten Belitung Drs.Jasagung Haryadi, MSi menjelaskan bahwa STQ Tingkat Kabupaten Belitung 2017 ini diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Tillawatil Qur’an (LPTQ) masa bhakti  2015-2018 dari tanggal 11 dan 12 April 2017. Tujuannya untuk memotivasi masyarakat untuk mempelajari Al-Qur’an dengan baik dan benar, mengumandangkannya dan mengamalkan nilai-nilai Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.
 
 
Hasil seleksi ini akan mewakili Kabupaten Belitung pada STQ Tingkat Provinsi Bangka Belitung yang akan digelar dari tanggal 2 hingga 6 Mei 2017 nanti. Cabang yang diperlombakan meliputi  2 cabang dan 5 golongan lomba terdiri dari cabang Tillawah Golongan Dewasa Pria dan Wanita dan cabang Tillawah golongan Anak-Anak Putra dan Putri, cabang Hifzh Qur’an golongan 1 juzz putra dan putri, cabang Hifzh Qur’an golongan 5 juzz Putra dan Putri, cabang Hifzh Qur’an golongan 10 juzz Putra dan Putri “ Untuk tahun ini tidak mengadakan lomba Hifzh Qur’an golongan 20 juzz dan Hifzh Qur’an golongan 30 juzz karena tidak ada peserta”.ungkap  Jasagung.
 
 
STQ Kabupaten Belitung diikuti  33 peserta dengan 15 ofisial mewakili Kecamatan Tanjungpandan 4 putri, 3 putri dengan 3 ofisial. Kecamatan Membalong peserta 3 putra dan 3 putri dengan 3 ofisial. Kecamatan Sijuk peserta 3 putra dan 5 putri dengan 3 ofisial. Badau 3 putra dan 3 putri dengan 3 ofisial. Kecamatan Selat Nasik diikuti 3 putra dan 3 putri dengan 3 ofisial.
 
 
Pembukaan STQ Tingkat Kabupaten Belitung 2017 ini dihadiri Ketua MUI, camat se-kabupaten Belitung, Ketua Pengadilan Agama, jajaran Forkompinda.
Sumber: Diskominfo