Jum'at, 9 Juni 2017 15:00

FGD Pengembangan Olahraga Bahari di KSPN Tanjung Kelayang

 

Tanjungpandan-Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia menyelenggarakan diskusi dengan fokus pembahasan mengenai pengembangan olahraga bahari di KSPN Tanjung Kelayang, pada hari Jum'at (9/6/2017) bertempat di Ruang Pertemuan Golden Tulip Essential Hotel Tanjungpandan.

 

Asisten Deputi Budaya, Seni dan Olahraga Bahari, Drs. Kosmas Harefa, M.Si menyampaikan FGD ini merupakan upaya Pemerintah Pusat dalam mendukung pengembangan Tanjung Kelayang sebagai wilayah Kabupaten yang masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), melalui event dari olahraga memancing pada sektor Pertanian.

 

Kosmas juga menambahkan pelaksanaan kegiatan memancing ini diharapkan bukan hanya masuk menjadi event pada level Kabupaten, namun diharapkan menjadi kalender Nasional dan bisa menggerakkan wisatawan maupun internasional.

 

Sementara itu, Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S.Sos. dalam sambutannya menyambut baik atas dilaksanakannya kegiatan ini dan menyatakan keyakinannya bahwa wisata olahraga bahari dapat dilaksanakan, mengingat potensi kelautan Kabupaten Belitung yang dimiliki begitu beragam dengan populasi ikan-ikan besar seperti ikan tenggiri.

 

Sahani juga menambahkan kegiatan olahraga bahari sudah pernah dilakukan oleh Pemerintah Daerah salah satunya dengan penyelenggaraan Festival Bahari dan Lomba Mancing, yang diharapkan bukanhanya mendukung produksi perikanan namun untuk mendorong sektor pariwisata.

 

“Tidak hanya itu, kegiatan olahraga memancing dalam program ini diharapkan nantinya mampu menggemakan pengembangan Marine Park di Kabupaten Belitung”, jelas Sahani.

 

Focus Group Discussion (FGD) yang dibuka resmi oleh Bupati Belitung tersebut, diikuti oleh Dinas/Instansi dilingkup Pemerintahan Kabupaten Belitung serta stakeholders terkait.

 

 

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung