Jum'at, 24 November 2017 16:00

BUPATI BELITUNG BUKA WORKSHOP CREATIVITY DAY FOR TEACHERS

Sijuk__Dalam rangka mendukung Festival Geopark II Pulau Belitong, Ikatan Alumni ITB Komisariat 85 menggelar Workshop Nasional Sehari Creativity Day For Teachers (CDFT). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos pada Kamis, (21/11/2017) di Hotel Santika Premiere.

 

Dalam sambutannya, Bupati menyambut baik dan memberikan apresiasi positif kepada seluruh panitia, dan para peserta atas partisipasi aktifnya dalam mensukseskan rangkaian Festival Geopark II Pulau Belitong, salah satunya kegiatan workshop CDFT pada kesempatan ini.

 

‘’Usia 0-6 tahun merupakan masa keemasan untuk mendidik anak. Untuk itu, diharapkan pada usia emas ini, informasi yang diterima berupa informasi-informasi positif. Dan untuk menyampaikan informasi positif, guru-guru harus dibekali cara mengajar yang baik melalui 3 cara, yakni melalui gambar, suara dan gerak’’, kata Sahani.

 

Lebih lanjut, Bupati juga menghimbau kepada guru-guru agar kiranya bisa mengenalkan anak-anak pada materi-materi pariwisata pada proses belajar mengajar, salah satunya terkait geopark, sehingga generasi muda dapat menjadi SDM yang handal dalam menjaga kelestarian alam Belitung. ‘’Marilah bersama-sama kita bersatu padu melahirkan generasi penerus cita-cita bangsa yang cerdas, serta matang emosional spiritualnya. Karena menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mewujudkan cita-cita mulia ini’’, ajak Bupati.

 

Sementara Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), TK dan PLB, Dr. H. Agus Djaja Dihardja, M.Pd dalam sambutannya merasa bahagia bisa hadir ditengah-tengah para guru PAUD dan TK. ‘’Lembaga kami merupakan pusat pengembangan dan pusdiklatnya para guru TK dan PLB dalam rangka meningkatkan kompetensi para guru’’, jelasnya.

 

Dyah Erawati selaku Badan Pengelola Geopark juga menghimbau kepada guru-guru agar dapat menerapkan teknik mendongeng yang bertema geoprak pada proses pembelajaran kepada anak-anak. ‘’Tolong diajarkan kepada anak-anak, karena geopark adalah aset bagi belitung. Anak-anak perlu mengenal potensi pulaunya sendiri, sehingga mereka tergerak untuk menjaga keindahan pulaunya, sebagai bagian dari daya tarik pariwisata. Nantinya akan ada muatan lokalnya untuk geopark, seperti penjelasan contoh asal mula batu batu granit yg ada di belitung. Sehingga nantinya anak-anak tahu asal muasal pulaunya,’’, jelas Dyah.

 

Kegiatan ini diikuti para peserta yang terdiri dari para guru PAUD dan TK di lingkungan Kabupaten Belitung sebanyak 270 peserta dengan menghadirkan nara sumber dari Alumni ITB Komisariat 85 yang menggeluti bidang pendidikan kreatif, yakni; CEO PicuPacu Kreativitas, Creator of ‘’Mio Mizan’’, Andi Yudha dan Tim Global Talent yang bergerak dibidang penelusuran dan pengembangan  potensi diri, Saritomo.

 

Turut hadir dalam acara, Ketua Alumni ITB Komisariat 85, Ir. Larasati Sedyaningsih, MM, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung, Paryanta, S.Pd, S.Ip, M.Si, serta kehadiran artis ibu kota, Farhan yang turut berpartisipasi meramaikan acara pembukaan, serta segenap undangan lainnya. Disela-sela acara juga berlangsung penyerahan cinderamata oleh perwakilan Alumni ITB komisariat 85 kepada Bupati Belitung.***dk

 

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung


Berita Lainnya