Rabu, 28 Maret 2018 16:00

KAMPUNG KB DIRESMIKAN

Tanjungpandan--- Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Kabupaten Belitung, Drs. H. Jasagung Hariyadi, M.Si meresmikan Kampung Keluarga Berencana untuk 5 (lima) Desa yaitu, Desa Dukong, Desa Bantan, Desa Petaling, Desa Pelepak Pute dan Desa Aik Batu Buding bertempat dihalaman kantor desa Dukong Kecamatan Tanjungpandan pada Selasa (27/03).

 

Dalam    sambutan   Pjs. Bupati Belitung yang dibacakan oleh Asisten  Bidang  Ekonomi Pembangunan, Drs. H. Jasagung Hariyadi, M.Si mengatakan, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa secara nyata dan mendasar, tantangan utama yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia adalah belum dapat melakukan pengendalian pertumbungan penduduk dalam rangka mencapai penduduk tumbuh seimbang serta mewujudkan keluarga bahagia sejahtera. Untuk itu, diperlukan upaya nyata bersama dari pusat hingga daerah, salah satunya melalui Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

 

Lebih lanjut, Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga bukan hanya menjadi upaya untuk mengendalikan kelahiran saja, akan tetapi menyangkut pula upaya-upaya mengenai pemberdayaan dan perencanaan keluarga menuju keluarga kecil yang bahagia sejahtera. Kebijakan dalam mendukung program tersebut diatas juga telah dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung bersama stackholder serta masyarakat, sebab tujuan untuk membentuk keluarga bahagia sejahtera merupakan alasan utama dalam setiap kebijakan yang Pemerintah Daerah laksanakan. Untuk itu, apa yang telah dilaksanakan selama ini oleh Pemerintah Kabupaten Belitung merupakan bentuk dukungan dari Daerah kepada masalah kependudukan yang dihadapi saat ini, oleh karena itu, pada kesempatan ini kami sangat berharap agar BKKN Republik Indonesia dapat terus bersama-sama mendukung upaya tersebut, jelasnya.

 

Sementara itu, Nurman Sunanda selaku Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dalam laporannya, menyampaikan bahwa di Kabupaten Belitung telah terbentuk 6 kampung KB dimana pada tahun 2016 dibentuk 1 Kampung KB, Tahun 2017 dibentuk 5 Kampung KB, dan untuk tahun 2018 akan dibentuk 5 kampung KB yang hari ini diresmikan, sehingga total Kampung KB di Kabupaten Belitung berjumlah 11 Kampung KB.

 

Turut hadir pada Peresmian Kampung KB ini, Wakil Gubernur Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Inspektur Utama BKKBN RI, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Forkominda, Camat Tanjungpandan, Kepala Desa serta undangan lainnya.***td/dk

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung