Rabu, 11 April 2018 16:00

PJS. BUPATI BELITUNG HADIRI LOMBA DESA TINGKAT PROPINSI

Sijuk---Pjs. Bupati Belitung, Drs. H. Sahirman, M.Si menghadiri kegiatan Lomba Desa Tingkat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Selasa, (10/04) bertempat di kantor Desa Air Seruk Kecamatan Sijuk.

 

Dalam sambutannya, Pjs. Bupati Belitung mengatakan, pada prinsipnya pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan bertujuan untuk mengevaluasi, menilai dan mendorong Pemerintahan Desa dan Kelurahan bersama masyarakat untuk mengoptimalkan potensi yang ada diwilayahnya, serta mengetahui capaian yang ada di Desa dan Kelurahan selama kurun waktu satu tahun dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat di Desa dan Kelurahan pada aspek penyelenggaraan Pemerintahan, kewilayahan serta kemasyarakatan.

 

Lebih lanjut, menurutnya lomba Desa dan Kelurahan juga bertujuan sebagai wadah apresiasi dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah berupa penghargaan kepada Pemerintah Desa dan Kelurahan atas prestasi yang telah dicapai dalam memajukan, memandirikan dan mensejahterakan Desa dan Kelurahan serta memberikan motivasi kepada perangkat Desa untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat serta melakukan solusi yang inovatif terhadap masalah yang muncul di Desa.

 

Sementara itu, Ketua Tim Penilaian Desa dan Kelurahan Tingkat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung Drs. Yulisman dalam laporannya menyampaikan bahwa indikator penilaian lomba Desa dan Kelurahan didasarkan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Keluarahan yang meliputi Penyelenggaran Pemerintahan Desa.

 

Dalam kesempatan ini, Plt. Kades Air Seruk, Suminem, S.Ikom dalam sambutannya, berharap agar lomba Desa tingkat Propinsi ini dapat menjadi motivasi bagi Pemerintahan Desa beserta masyarakat untuk dapat lebih meningkatkan kinerja pembangunan Desa, didukung partisipasi masyarakat di segala bidang.

 

Turut hadir dalam acara tersebut, unsur forkominda Kabupaten Belitung, Camat Sijuk, Ibu-Ibu PKK, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda serta undangan lainnya.***tdy/dk

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung