Kamis, 12 April 2018 16:00

PJS. BUPATI BELITUNG HADIRI RAKOR DENGAN KEMENTERIAN/LEMBAGA TERKAIT PERSIAPAN KONFERENSI INTERNASIONAL

Tanjungpandan--- Pjs. Bupati Belitung, Drs. H. Sahirman, M.Si menghadiri Rapat Koordinasi dengan Kementerian/Lembaga terkait persiapan Konferensi Internasional, yang berlangsung pada Rabu, (11/04) bertempat di Tanjung Kelayang Room Hotel BW Suite.

 

Dalam sambutannya, Pjs.  Bupati Belitung Drs. H. Sahirman, M.Si menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya rapat koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait persiapan konferensi internasional di kabupaten Belitung. Semoga sebagai suatu keberkahan, semakin banyak tamu semakin baguslah Belitung, semakin memperkuat hubungan kita dan semoga barokah. ‘’Dan untuk diketahui bersama bahwa Kabupaten Belitung telah ditetapkan sebagai 10 destinasi pariwisata nasional’’, Ujar Pjs. Bupati Belitung.

 

Sementara itu, Plh. Kakanwil  Kemenkumham Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ahmad Firmansyah dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pjs. Bupati Belitung atas dilaksanakannya rapat koordinasi ini di kabupaten Belitung. Menurutnya, Rakor ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang arah kebijakan dan kerjasama keimigrasian dalam rangka peningkatan kapasitas melalui pengarahan pimpinan Direktorat Jenderal Imigrasi serta untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan konferensi internasional.

 

Sementara itu, Direkur Kerjasama Keimigrasian, Efendy B. Peranginangin dalam arahannya menyampaikan, dengan beragamnya pengalaman Direktorat Jenderal Imigrasi sebagai peserta aktif dalam berbagai jenis dan bentuk kerja sama peningkatan kapasitas dimaksud, maka sudah saatnya Direktorat Jenderal Imigrasi mengambil alih peran sebagai tuan rumah penyelenggaraan peningkatan kapasitas di bidang keimigrasian pada tingkat internasional khususnya di wilayah Asia Pasifik. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia, agar Indonesia tidak lagi menjadi negara penerima bantuan, tetapi menjadi negara pemberi kepada negara lain.

 

 

Untuk itu, Direktorat Kerja Sama Keimigrasian mengusulkan sebuah pilot project berupa kegiatan peningkatan kapasitas bagi pejabat imigrasi dari institusi Imigrasi negara-negara sahabat di kawasan Asia Pasifik. Persiapan pelaksanaan kegiatan ini tentunya membutuhkan koordinasi dan kerja sama yang efektif dengan Kementerian/Lembaga terkait dengan dukungan penuh dari segenap unsur teknis dan fasilitatif di Direktorat Jenderal Imigrasi, yang dapat ditempuh melalui Rapat Koordinasi dalam rangka Persiapan Konferensi Internasional dengan juga melibatkan Kementerian/Lembaga terkait.

 

Adapun nara sumber pada Rapat Koordinasi Kementerian/Lembaga terkait persiapan konferensi internasional ini, diantaranya; dari Kementerian Luar Negeri RI,  Kementerian Sekretariat Negara RI dan Pejabat Struktural Dirjen Keimigrasin Kementerian Hukum dan HAM RI.

 

Rapat Koordinasi ini juga dihadiri oleh Direktur Konsuler, Kementerian Luar Negeri, Didik Eko Pujianto, Kepala Divisi Keimigrasian, serta Para Kepala Unit Pelaksana Teknis Keimigrasian di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Kantor Imigrasi Tanjungpandan, Eddy Erawan serta undangan lainnya.***tdy/dk

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung