Jum'at, 20 Juli 2018 09:00

KEMENHUMHAM GELAR SOSIALISASI KEWARGANEGARAAN

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Kantor Wilayah Kepulauan Bangka Belitung menggelar kegiatan Sosialisasi Kewarganegaraan dengan tema " Upaya Penyebaran Informasi Layanan Administrasi Hukum Umum dibidang Kewarganegaraan RI dalam rangka Mendorong Industri Kepariwisataan di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan ini berlangsung pada Rabu, (18/7) bertempat di Hotel Grand Hatika Tanjungpandan, dan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepulauan Babel, Drs. Sulistiarso, M.M.,M.Si.

 

Dalam laporan, Kepala Sub Bidang Pelayanan Administrasi Hukum Umum Dan HKI, Marsal Saputra, SH selaku ketua panitia, dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kewarganegaraan, serta mendorong kemajuan pariwisata Kabupaten Belitung. Kegiatan ini diikuti para peserta terdiri dari; Aparatur Sipil Negara, aparat kecamatan, aparat desa, di lingkungan Pemkab Belitung, tokoh agama dan tokoh masyarakat sebanyak 65 orang.

 

Semantara Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepulauan Babel, Sulistiarso dalam sambutannya mengatakan, acara ini merupakan rangkaian kegiatan terkait dengan upaya Pemerintah Provinsi untuk mewujudkan kawasan pariwisata, khususnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yang mana sampai saat ini masih dalam proses pembangunan,  sehingga jajaran Pemerintah harus secara aktif didalamnnya mewujudkan cita cita bersama menjadi kawasan industri pariwisata yg handal. 

 

‘’Saat ini Indonesia mengalami perkembangan bidang pariwisata sebagai daerah kepulauan yang memiliki potensi wisata bahari, khususnya sebagai daerah yang ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus. Sebagai tempat wisata favorite, tentunya menjadi tantangan  tersendiri bagi daerah untuk terus maju seiring dengan ketatnya persaingan. Karena sebagai daerah pariwisata yg kerap didatangi wisatawan, tentunya akan banyak WNA yang datang dan menetap di daerah. Tentunya hal ini menjadi pekerjaan kita bersama, bagaimana melakukan pelayanan dan pengawasan kepada WNA . Untuk itulah, kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi kita bersama untuk menambah wawasan dan kita dapat saling sharing, serta bertukar pendapat terkait masalah kewarganegaraan’’, jelasnya.

 

Adapun nara sumber dalam kegiatan ini terdiri dari; Kepala Kantor Wilayah Kementerin Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Sulistiarso, dengan materi peran negara dalam mengatur lalu lintas orang masuk dan keluar Indonesia ditinjau dari Undang-Undang Keimigrasian Indonesia, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenhumham Kepulauan Bangka Belitung, Siar Hasoloan Tamba, S.H.,M.M dengan materi kewarganegaraan Republik Indonesia, Kepala Bidang Pelayanan Hukum Kanwil Kemenhumham Kepulauan Bangka Belitung, LC. Siregar, S.H,M.M,M.AP dengan materi penegasan status kewarganegaraan RI keturunan asing yang tidak memiliki dokumen kewarganegaraan, serta dipandu moderator oleh Kepala Dukcapil Kabupaten Belitung, Hotmaria Ida.***dk

 

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung