Senin, 23 Juli 2018 16:00

Museum Kebangkitan Nasional Gelar Pameran Museum Keliling

Tanjungpandan__Museum Kebangkitan Nasional menggelar kegiatan Pameran Museum Keliling yang dilaksanakan mulai tanggal 23 s.d 28 Juli 2018 bertempat di Hotel Billiton Belitung. Kegiatan pemeran dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Belitung, Mirang Uganda, SH yang dalam kesempatan ini mewakili Bupati Belitung.

 

Dalam Laporan Ketua Panitia, Juniawan, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu agenda yang telah direncanakan sebagai bagian dari upaya penyebarluasan informasi kepada masyarakat, khususnya generasi muda. Adapun target dalam kegiatan ini, agar tercapainya kunjungan sebanyak 3000 peserta, utamanya para siswa, guru, mahasiswa maupun masyarakat luas.

 

‘’Kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Belitung, para Kepala Sekolah, Guru, serta elemen masyarakat, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.. Harapannnya agar kiranya kegiatan ini dapat menjadi pemicu untuk meningkatkan pengetahuan minat masyarakat, khususnya, para siswa untuk mengenal dan memahami kesejarahan, khususnya sejarah nasional’’, jelasnya.

 

Kepala Museum Kebangkitan Nasional, Drs. Dian Purwananta, merasa bangga bisa melaksanakan kegiatan ini di Belitung. Karena kegiatan ini memang diprioritaskan dilaksanakan di wilayah sumatera berkenaan dengan moment Asian Games.

 

Menurutnya museum keliling bertujuan untuk memperkenalkan keberadaan Museum Kebangkitan Nasional kepada masyarakat di luar museum. Museum kebangkitan nasional sebagai salah satu museum sejarah di Indonesia yang menyajikan sejarah kebangkitan bangsa Indonesia dan sejarah pergerakan nasional. Selain itu, kegiatan ini juga untuk mengedukasi masyarakat tentang nilai-nilai sejarah.

 

Sementara Bupati Belitung dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan, Mirang Uganda, SH mengharapkan kepada para peserta didik di Kabupaten Belitung agar dapat memanfaatkan Museum yang ada di Kabupaten Belitung serta Pameran keliling ini dengan sebaiknya, bukan hanya sebagai media hiburan namun juga sebagai media informasi yang dapat menumbuhkan rasa patriotisme serta membangkitkan rasa nasionalisme dalam karakter para generasi penerus bangsa yang kuat di masa kemerdekaan ini. ‘’Semoga upaya bersama ini dapat berdampak pada pemahaman masyarakat,  khususnya generasi muda terhadap terhadap nilai-nilai sejarah bangsa’’, harap Mirang. 

 

Diakhir acara juga berlangsung pemberian cinderamata kepada Asisten I Bidang Pemerintahan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung, serta perwakilan OPD yang hadir oleh Kepala Museum Kebangkitan Nasional.***dk

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung