Jum'at, 3 Agustus 2018 12:00

PEMKAB BELITUNG TEKEN MOU DENGAN UBB

Tanjungpandan__Pemerintah Kabupaten Belitung melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Universitas Bangka Belitung tentang Kerja Sama Bidang Pendidikan, Penelitian, Pengembangan dan Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan. Penandatangan ini berlangsung pada Kamis, (2/8) bertempat di Ruang Rapat Bupati Belitung dengan dihadiri oleh Rektor Universitas Bangka Belitung, Dr. Ir. Muh. Yusuf, M.Si, Sekda Kabupaten Belitung, Karyadi Sahminan, S.E, M.AP, perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Belitung, serta undangan lainnya.

 

Penandatanganan  kesepakatan bersama ini ditujukan  untuk mengembangkan dan memanfaatkan potensi sumber daya di Kabupaten Belitung secara optimal melalui Pendidikan, Pengembangan dan Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan.

 

Dalam sambutan Bupati Belitung yang dibacakan oleh Sekda Kabupaten Belitung, Karyadi Sahminan, S.E, M.AP, menyambut baik atas komitmen yang terjalin dalam penandatanganan kesepakatan bersama pada kesempatan ini. Karena tentunya, Pemkab Belitung mempunyai kewenangan untuk mengembangkan berbagai potensi sumber daya yang ada dalam rangka menunjang pembangunan sektor pendidikan di Kabupaten Belitung. Dan hal ini tentunya memerlukan dukungan dari Perguruan Tinggi Negeri yang berkompeten di Daerah ini, salah satunya Universitas Bangka Belitung melalui kemampuan dibidang pendidikan, penelitian dan pengembangan potensi SDM yang berkualitas.

 

Menurutnya, kita perlu membangun generasi muda yang memiliki karakter, serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat. Bukan hanya membangun manusia atau kaum muda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan, akan tetapi juga kaum muda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, menjunjung kesatuan dan persatuan Indonesia. Kaum muda yang berkarakter dan handal yang akan sanggup menghadapi tantangan globalisasi, sanggup menghadapi berbagai persoalan di negeri ini, serta sanggup untuk menatap masa depan dengan lebih baik.

 

‘’Untuk mewujudkan hal tersebut, maka pendidikan karakter diperlukan, sehingga kita mampu membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan teknologi. Dengan pembentukan karakter menghendaki adanya perubahan tingkah laku, sikap dan kepribadian pada generasi muda’’, jelasnya.

 

Selanjutnya ke depan Sekda juga berharap agar adanya pembicaraan lebih lanjut secara teknis atau sektor terkait apa-apa saja yang harus dikembangkan ke depan, khususnya terkait pengembangan kualitas SDM baik di masyarakat maupun ASN di lingkungan Pemkab Belitung.

 

Sementara Rektor Universitas Bangka Belitung, Dr. Ir. Muh. Yusuf, M.Si, dalam sambutannya menginginkan agar kiranya MoU dapat tetap terus dilakukan, mengingat pembangunan Kabupaten Belitung saat ini terus meningkat. Apalagi keberadaan Kabupaten Belitung cukup strategis, baik itu dalam segi KEK Pariwisatanya, maupun sebagai bagian dari 10 destinasi wisata nasional. Untuk itu, tentunya  menjadi pertimbangan kalangan akademisi untuk bisa berperan dalam upaya peningkatan SDM pariwisata.  Mengingat potensi Belitung yang cukup tinggi, diharapkan akan hadir suatu perguruan tinggi di Belitung untuk menunjang pembangunan Belitung ke depan.

 

‘’Saya juga berharap kebeardaan UBB juga bisa dirasakan masyarakat Belitung. Untuk itulah, saya memandang perlu adanya kesepakatan ini, dan untuk menjadi perhatian kita ke depan sekiranya diperlukan pendidikan bidang kepariwisata dan perikanan, UBB siap membantu penyiapan akademiknya’’, kata Yusuf diakhir sambutannya.***dk

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung