Jum'at, 17 Agustus 2018 16:00

Bupati Belitung Pimpin Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73

Tanjungpandan---Puncak peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 ditandai dengan momentum kegiatan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Pengibaran Bendera Merah Putih yang dilaksanakan pada Jum’at, 17 Agustus 2018 di Stadion Pangkal Lalang, Tanjungpandan berlangsung khidmat. Upacara pengibaran bendera merah putih dimulai sekitar pukul 09.30 WIB.

 

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos bertindak sebagai Inspektur Upacara. Hadir dalam barisan peserta upacara dari berbagai unsur, diantaranya pelajar, pegawai negeri sipil, organisasi pemuda, TNI, dan Polri.

 

Suasana semakin khidmat ketika bendera mulai dikibarkan dengan diiringi kumandang lagu Indonesia Raya. Masing-masing peserta upacara tampak larut dalam suasana kemerdekaan sebagai wujud penghormatan terhadap perjuangan para pahlawan pejuang kemerdekaan RI.

 

Puncak Peringatan detik-detik proklamasi ditandai dengan bunyi sirene selama 1 (satu) menit, dilanjutkan dengan pembacaan naskah Proklamasi oleh Inspektur Upacara, disusul pembacaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Taufik Rizani.

 

Meskipun didukung dengan kondisi cuaca yang cukup panas, upacara tetap berlangsung lancar hingga pengakhirannya. Masyarakat sekitar pun cukup antusias menyaksikan prosesi pengibaran bendera merah putih, tak ayal keberhasilan anggota paskibraka mengibarkan bendera merah putih dengan sempurna disambut gembira para penonton yang datang berbondong-bondong guna mengikuti jalannya prosesi upacara yang berlangsung.

 

Dalam wawancaranya bersama media, t/erkait moment peringatan HUT Kemerdekaan, Bupati Belitung berharap, dalam memperingati kemerdekaan RI, masyarakat Kabupaten Belitung perlu mengevaluasi diri, terutama dalam pengembangan sektor pariwisata secara bersama-sama. ‘’Sektor pariwisata menjadi sektor yang sangat penting saat ini, mengingat Belitung harus sudah merdeka dari pertambangan dan pariwisata adalah masa depan Belitung, bangsa dan Negara’’, jelasnya.

 

Disela-sela acara juga berlangsung penyerahan SK Remisi kepada warga binaan Lapas Kelas II B Tanjungpandan. Sementara itu, Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani menjadi irup pada Upacara Penurunan Bendera yang berlangsung sore harinya.

 

Momentum pelaksanaan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan ini hendaknya dapat kita jadikan sebagai wujud penghormatan terhadap jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Bangsa dan Negara. Hal ini tentunya dapat menjadi renungan bagi kita semua untuk senantiasa meningkatkan persatuan dan kesatuan menuju Indonesia yang bersatu, aman, adil, demokratis dan sejahtera. Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-73. Merdeka!***dk

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung