Kamis, 5 Maret 2009 04:34

"Coffee Morning" Wujud Kebersamaan Bupati Belitung, Insan Pers Dan Tokoh Masyarakat

(Suara Praja), Sebagai penerima estafet kepemimpinan daerah sebelumnya, masih banyak yang akan diperbuat di masa mendatang untuk perkembangan Belitung. Hal ini disampaikan Bupati Belitung pada saat acara coffee morning, yang diselenggarakan pada hari Kamis, 5 Maret 2009, bertempat di Rumah Dinas Bupati Belitung. Melalui Kabag Humas Setda Kabupaten Belitung Suharyanto, BA., dijelaskan bahwa Coffee Morning ini diadakan sebagai wujud kebersamaan antara Bupati Belitung dengan para insan pers serta para tokoh masyarakat Belitung. Hal ini ditujukan untuk menjaring aspirasi masyarakat melalui pengamatan langsung di lapangan oleh para insan pers maupun para tokoh masyarakat.

Coffee Morning ini berlangsung mulai pukul 06.00 WIB hingga 09.15 WIB dan dihadiri para tokoh masyarakat Belitung beserta para insan pers, baik cetak maupun elektronik yang ada di Kabupaten Belitung. Tokoh masyarakat yang hadir pada acara ini antara lain: Mantan Bupati Belitung periode 1999-2004 Ishak Zainuddin, BA; Mantan Wakil Bupati Belitung periode 2004-2008 Andi Saparudin Lanna, SH; M. Ali Umar Baki; H. Mahdani Niram. Hadir pula unsur  muspida dan serta pimpinan SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung. Tak ketinggalan, turut mendampingi Bupati Belitung, Sahani Saleh, BA selaku Wakil Bupati Belitung.

Pelaksanaan acara ini diisi dengan kegiatan ramah tamah dan dialog yang membahas berbagai hal menyangkut program untuk menghadapi dampak krisis global di Kabupaten Belitung, masalah pengangguran, pengembangan adat istiadat, mutasi pejabat, pengamanan Pemilu, masalah ketenaga kerjaan dan PHK, PNS yang kurang disiplin, termasuk masalah sampah di Kota Tanjungpandan.

Dalam dialog tersebut Darmansyah menjelaskan bahwa Program kegiatan yang ada pada SKPD ditekankan agar dapat pro rakyat dalam arti dapat mengembangkan penciptaan lpangan kerja dan menciptakan kesejahteraan.

Disampaikan pula oleh Darmansyah bahwa saat ini Kabupaten Belitung sudah memiliki lembaga adat dan rumah adat yang diharapkan keberadaannya dapat menggali dan mengembangkan adat yang ada di Belitung. "Setiap langkah positif yang dilakukan oleh lembaga ini, tentunya akan mendapat dukungan Pemerintah Daerah", ujar Darmansyah.

Menyoal mutasi pejabat, Darmansyah menjelaskan bahwa hal tersebut bertujuan agar terjadi pembenahan pada instansi yang dimaksud dan juga untuk pengembangan karir di birokrasi sekaligus promosi agar dapat berkreatifitas dengan lebih baik bagi para PNS yang ditunjuk.

Hal lain yang menjadi fokus dialog Darmansyah pada kesempatan Coffee Morning ini adalah tentang masalah pengamanan Pemilu. Selama sebulan penuh diharapkan kepada para lembaga terkait intuk  dapat melakukan aksi dalam bentuk operasi cipta kondisi.

Sejumlah insan pers lokal yang dijumpai Suara Praja usai acara ini, menyampaikan apresiasi dan dukungan mereka terhadap kepemimpinan Ir. H. Darmansyah Husein dan Sahani Saleh, BA. Mereka berharap agar Bupati dan Wakil Bupati Belitung dapat terus menjaga hubungan harmonis ini melalui berbagai acara seperti ini. ****( zakina)
Sumber: Humas Setda