Rabu, 4 Maret 2009 04:37

Bupati Belitung Lantik Pejabat Struktural Eselon II.B, III, dan IV

Suara Praja, Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein, hari ini Rabu 4 Maret 2009 melantik para pejabat Struktural Eselon II.b, III dan IV di Lingkungan Kabupaten Belitung. Pengambilan Sumpah, Pelantikan dan Serah Terima Jabatan ini dilaksanakan mulai pukul 09.30 WIB hingga 11.00 WIB dan dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Belitung, unsur Muspida Kabupaten Belitung dan atau yang mewakili beserta para Kepala Dinas/Instansi/ Lembaga/Kantor/ Bagian di Lingkungan Kabupaten Belitung. Turut mendampingi Bupati Belitung pada kesempatan ini, Sahani Saleh, BA selaku Wakil Bupati Belitung, dan Sekda Kabupaten Belitung Ir. H. Mulgani.

Sebanyak delapan orang pejabat Eselon II di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung mengalami mutasi. Para pejabat Eselon II yang dimutasikan tersebut antara lain: Ir. Hermanto, jabatan lama Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Belitung, jabatan baru Kepala Bappeda dan PM Kabupaten Belitung; Karyadi Syahminan, SE, jabatan lama Staf pada Bappeda dan PM Kabupaten Belitung, jabatan baru Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung; Drs. Harry Taruna, jabatan lama Kepala Badan Kesbang, Pol dan Linmas, jabatan baru Kepala Dinas Kebersihan, Pasar dan Pertamanan Kabupaten Belitung;  B. Maiya Hasibuan, SH., jabatan lama Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Belitung, jabatan baru Kepala Badan Kesbang, Pol dan Linmas Kabupaten Belitung; Helman, SH., jabatan lama Kepala Dinas Kebersihan, Pasar dan Pertamanan Kabupaten Belitung, jabatan baru Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Belitung; Sumardi, S.Pd., jabatan lama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung, jabatan baru Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung; Dra. Hotmaria Ida, jabatan lama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung, jabatan baru Staf ahli Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Belitung, Drs. Arham Armuza, SIP., jabatan lama Staf Ahli Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Belitung, jabatan baru Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Belitung.

Selain itu, Bupati Belitung juga mengambil sumpah dan melantik 30 orang pejabat Eselon III dan 65 orang Pejabat Eselon IV. Mutasi dan promosi para pejabat di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Belitung, sebagaimana yang dijelaskan oleh Kabag Humas Setda Kabupaten Belitung Suharyanto, SAP, bertujuan untuk penyegaran kembali (refresh) dalam suasana dan lingkungan kerja yang baru, sehingga diharapkan terjadi transformasi gagasan dan ide kreatif agar tidak terjadi stagnasi pada perjalanan karir di birokrasi pemerintahan. Dengan demikian, hendaknya promosi dan mutasi ini tidak dijadikan beban dan tekanan (preasure) secara internal. Namun tetap memperhatikan sistem manajerial yang baik, komunikasi yang efektif, hubungan harmonis baik secara vertikal maupun horisontal yang senantiasa berorientasi terhadap pencapaian prestasi dan kemajuan yang signifikan. Tentunya sebagai  bagian dari tanggung jawab bukan beban.

Sementara itu, Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein menekankan bahwa mutasi dan promosi ini merupakan bagian dari program percepatan (speed up) yang dilakukannya pada lingkup birokrasi pemerintahan. Para pejabat eselon II yang menduduki jabatan yang baru hendaknya benar-benar dapat melaksanakan berbagai kebijakan yang bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Belitung, utamanya yang menyangkut bidang pelayanan dasar seperti bidang Pendidikan. "Kabupaten Belitung harus mampu mengentaskan Wajib Belajar 12 Tahun" tegas Darmansyah. Selain itu, menurutnya, Kemiskinan, Kesehatan, dan Ketenagakerjaan dengan tingginya angka PHK adalah masalah-masalah yang harus ditangani dengan serius dan tuntas.

Pada kesempatan ini, Darmansyah juga berharap agar para pejabat yang baru dilantik ini dapat  bekerja dengan baik dan mengedepankan profesionalisme, etika, nilai atau values sebagai satu kesatuan dari integritas diri yang positif.

"Dengan senantiasa memohon perlindungan, petunjuk dan bimbingan kepada Allah SWT, marilah kita saling bekerja sama, bahu-membahu untuk mewujudkan cita-cita mulia, membangun Belitung yang lebih baik dengan kerja nyata yang bermanfaat bagi rakyat serta dilandasi rasa tanggungjawab dan pengabdian tanpa pamrih berlebih terhadap nusa, bangsa, dan negara, khususnya Belutung yang kita cintai bersama", ucap Darmansyah di akhir pengarahannya.*** (Zakina)
Sumber: Humas Setda