Selasa, 17 Maret 2009 08:15

Pembukaan Diklat Manajemen Pengendalian Kegiatan Bagi Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Di Lingkungan Pemkab Belitung

Keberhasilan suatu pembangunan sangat tergantung pada kualitas sumber daya manusianya dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk kualitas para Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) di jajaran pemerintahan. Utamanya, dalam hal merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan suatu program/kegiatan agar berjalan efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Demikian pernyataan yang disampaikan oleh Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein dalam sambutannya yang dibacakan oleh Drs. Zakaria Rifai, ketika membuka Diklat Manajemen Pengendalian Kegiatan bagi Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) di Lingkungan Pemkab Belitung, Selasa pagi 17 Maret 2009, bertempat di Ruang Sidang Setda Kabupaten Belitung.

Lebih lanjut, Bupati Belitung berharap dengan adanya diklat ini, PPTK dapat melaksanakan program/kegiatan sesuai ketentuan yang berlaku, memahami inisiasi, perencanaan dan pengendalian program/kegiatan, menyusun kerangka acuan kerja, menyusun pembiayaan, dan membuat laporan penyelesaian program kegiatan.

Muara akhir dari kegiatan ini adalah terciptanya aparatur pelaksana yang bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), sehingga akan terwujud good governance. Karena itu, titik tekannya adalah pentingnya kesadaran dan pemahaman yang mendalam tentang makna amanah atau kepercayaan serta pertanggungjawaban, baik bagi diri sendiri, masyarakat atau hukum secara lebih luas maupun kepada Sang Pencipta, Tuhan Yang Maha Esa.

Kepala Kantor Diklat Kabupaten Belitung, Mirang Uganda SH dalam laporannya di awal kegiatan menyampaikan bahwa diklat ini diikuti sebanyak 42 orang PNS yang berasal dari berbagai SKPD di Lingkungan Kabupaten Belitung. Diklat ini baru pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Belitung. "Namun demikian, diharapkan di tahun mendatang dapat dilaksanakan kembali guna meningkatkan kompetensi para PPTK dalam hal mananjemen program kegiatan," terang Mirang Uganda.

Acara pembukaan ini dihadiri pula oleh para Dinas/instransi/Bagian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung. Direncanakan, pengakhiran kegiatan ini akan berlangsung pada hari Jum'at 20 Maret 2009 pukul 16.00 di tempat yang sama, yaitu Ruang Sidang setda Kabupaten Belitung.**** (Zakina)
Sumber: Humas Setda