Selasa, 31 Maret 2009 07:22

Wabup Buka Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, BA., Senin pagi pukul 09.00 WIB, tanggal 30 Maret 2009, didampingi Unsur Muspida dan atau yang mewakilinya, membuka Sosialisasi Wawasan Kebangsaan, yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Belitung. Hadir pula dalam acara ini Maya Hasibuan, SH selaku Kepala Badan Kesbang Pol dan Linmas Belitung.

Sahani saleh di awal sambutannya mengatakan bahwa  reformasi yang telah bergulir selama satu dasawarsa, telah memberikan dampak positif bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu diantaranya adalah desentralisasi kekuasaan pemerintahan, melalui pelaksanaan otonomi daerah.

Dengan otonomi daerah, kabupaten dan kota di seluruh Indonesia mempunyai kewenangan untuk mengurus dan mengatur rumah tangganya sendiri, sesuai dengan potensi dan sumberdaya yang dimiliki.
Oleh sebab itu, Sahani Saleh menilai pelaksanaan otonomi daerah di Kabupaten Belitung tidak saja mampu mendorong percepatan pembangunan infrastruktur, tapi juga telah meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari hanya belasan miliar menjadi 40-an miliar.

Selain itu, otonomi daerah juga telah mendorong percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Dana perimbangan dapat langsung diberikan kepada pemerintah desa, dan dengan dana itu pemerintah desa dapat meningkatkan kesejahteran masyarakat di desa masing-masing.
Lebih dari itu, menurutnya demokratisasi kehidupan politik yang didorong reformasi, telah memberikan kesempatan kepada masyarakat daerah untuk memilih Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah secara langsung, tanpa intervensi Pemerintah Pusat. Otonomi daerah terwujud secara nyata dalam berbagai bidang, baik politik, pemerintahan, perekonomian, maupun sosial budaya. Kabupaten dan kota menjadi pusat pertumbuhan baru, mengurangi kesenjangan antara pusat dan daerah yang menjadi fenomena sebelum reformasi.

Namun demikian, pelaksanaan otonomi daerah harus tetap berada dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Otonomi daerah harus dilaksanakan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, bukan sebaliknya, ujar Sahani Saleh.
Tujuan Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Badan Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat, melaksanakan sosialisasi ini adalah agar para peserta dan masyarakat umumnya dapat memahami dan menerapkan  paham kebangsaan, konsepsi wawasan nusantara, dan Negara Kestuan Republik Indonesia (NKRI), dalam setiap dimensi kehidupan.
Sumber: Humas Setda