Senin, 20 April 2009 05:07

Bupati Tinjau Pelaksanaan UN Tahun 2009

Bupati belitung Ir. H. Darmansyah Husein, beserta Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, BA, Sekretaris Daerah Kab. Belitung Ir. H. Mulgani, Kepala Dinas Pendidikan Karyadi Sahminan, SE, perwakilan dari Dinas/Instansi meninjau pelaksanaan Ujian Nasioal (UN). Pelaksanaan UN dimulai serempak di seluruh Indonesia dengan standar nilai kelulusan 5,50.

Dalam peninjauan, pelaksanaan UN Bupati meninjau 3 sekolah di Tanjungpandan yaitu, SMA Negeri 1, SMKN 2, dan SMA PGRI. Acara peninjauan dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB, diawali dengan kunjungan ke SMA Negeri 1 Tanjungpandan sebanyak 250 siswa terdiri dari 162 siswa untuk jurusan IPS, dan 88 siswa untuk jurusan IPA mengikuti UN untuk materi ujian Bahasa Indonesia, sedangkan di SMKN 2 yang terdiri dari 131 siswa yang terbagi dalam 2 jurusan yaitu, jurusan perikanan dan otomotif, dan di SMA PGRI sebanyak 180 siswa yang terdiri dari 46 siswa untuk Jurusan IPA dengan materi ujian Bahasa Indonesia dan Biologi dan 134 siswa Jurusan IPS dengan materi ujian Bahasa Indonesia dan Sosiologi. Sekitar 90% siswa ketiga sekolah hadir dan 10% lainnya dinyatakan tidak hadir karena alasan-alasan tertentu.

Sebelumnya siswa telah dibekali materi pokok pelajaran wajib, tambahan pelajaran di luar jam sekolah, dan penambahan pelaksanaan try out sebanyak 2 kali untuk menguji kemampuan siswa menghadapi persiapan UN. Dalam kunjungannya ke SMKN 2 Bupati sempat meninjau ruang Perpustakaan sekolah yang baru di bangun, dalam peninjauannya Bupati mengharapkan agar perpustakaan sekolah bisa membantu para siswa memudahkan pemahaman materi pelajaran dan menambah kekurangan pada jam pelajaran umum, ujarnya. Disela-sela peninjauannya Bupati juga sempat mewawancarai beberapa siswa yang mengikuti ujian, Beliau menanyakan  keterkaitan antara materi yang dipelajari dengan soal-soal yang diujikan, siswa mengungkapkan bahwa soal-soal yang diujikan tidak jauh berbeda dengan materi pelajaran yang diberikan guru di Sekolah, dan siswa optimis akan lulus pada UN tahun 2009. (Fodic)
Sumber: Humas Setda