Minggu, 19 April 2009 09:12

Maras Taun Kecamatan Selat Nasik

Acara Maras Taun di kecamatan Selat Nasik yang dihadiri Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh, BA; Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kep. Bangka Belitung, Yan Megawandi; Staf Ahli Gubernur Prov.Kep. Babel Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Haryono Moelyo, SE, MA; unsur Muspida Kab.Belitung dan Masyarakat luas.

Rangkaian kegiatan Maras Taun Selat Nasik dilaksanakan dari tanggal 14-19 April 2009 dengan menggelar berbagai acara, mulai dari kesenian tradisional Belitung hingga lomba mancing yang diikuti warga dengan antusias.

Kabupaten Belitung mempunyai beragam warisan adat istiadat budaya yang patut dilestarikan karena mengandung nilai-nilai kearifan, salah satunya upacara Maras Taun yang menjadi cermin masyarakat Belitung yang bersahabat dengan alam. Hasil yang diperoleh masyarakat patut di syukuri dengan sepenuh hatinya, ujar Bupati Belitung disela-sela pemberian sambutan.
Babel memiliki budaya dan keunikan yang tidak kalah dengan daerah lain, kita bertekad untuk berintegrasi dan berbaur dengan budaya-budaya luhur daerah lain dalam pergaulan nasional, bentuknya tercermin dalam Maras Taun 2009, keragaman perlu terus dikembangkan.

Meski sempat diguyur hujan sepanjang hari tetapi masyarakat tetap antusias dan bersemangat menyaksikan rangkaian acara yang digelar. Pada puncak acara Maras Taun Wakil Bupati Belitung, Staf Ahli Gubernur Prov. Kep. Babel berbaur ditengah masyarakat untuk membagikan potongan lepat gede sebagai simbol seorang pemimpin yang mengayomi warganya, rebutan lepat sebagai simbol kegembiraan warga, rasa syukur setelah panen padi, dan juga tanda syukur nelayan yang akan kembali melaut setelah cuaca mulai bersahabat.

Harapannya semoga acara maras taun ini dapat terus dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya, dan terus ditingkatkan untuk menarik minat kunjungan wisatawan lokal maupun internasional, dan hal ini telah menjadi agenda tahunan Prov. Kep. Babel ujar Camat Selat Nasik, Warsito. (fodicha)
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung