Senin, 25 Mei 2009 15:20

RAPAT EVALUASI HASIL MONITORING LAPANGAN TIM TERPADU PEMERINTAH KAB. BELITUNG

Dalam Rapat Evaluasi Hasil Monitoring Lapangan Tim Terpadu Pemerintah Kabupaten Belitung Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, BA menegaskan bahwa prosedur perekrutan para tenaga kerja dari luar daerah harus melalui aturan-aturan yang telah ditentukan menyangkut pemeriksaan kesehatan, kelengkapan idenditas diri, bagi pengelola tempat penginapan dan rumah makan diwajibkan melaporkan keberadaan para pekerja ke Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kabupaten Belitung dengan membawa kelengkapan administasi, dan pemantapan Cafe sebagai tempat minus alkohol.

Rapat evaluasi ini dilaksanakan pada Senin (25/05) Pukul 09.00 WIB bertempat di Ruang Sidang Pemerintah Kabupaten Belitung dihadiri Asisten I Setda Kab. Belitung Drs. Arham Armuza, S.Ip, Perwakilan Dinas/Instansi terkait Pemerintah Kabupaten Belitung, Perwakilan Satpol PP, Perwakilan Danlanud, Kapolres, para Camat, Kepala Desa, Kepala Satuan Kerja Pemkab Belitung, pemilik dan para pekerja tempat penginapan, rumah makan, dan tempat hiburan malam serta para undangan lainnya.

Rapat Evaluasi ini dilaksanakan sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Belitung dalam menindaklanjuti Peraturan Daerah Nomor 11 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan dan Restribusi Izin Usaha Kepariwisataan untuk penertiban tempat-tempat yang menjadi aset pariwisata daerah Kabupaten Belitung. Dalam hasil peninjauan dan monitoring lapangan yang diadakan tim terpadu didapati beberapa penginapan, restoran/tempat makan, dan tempat hiburan tidak memiliki kelengkapan surat izin usaha serta para pekerja banyak yang tidak memiliki kelengkapan syarat administrasi seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Adapun maksud dan tujuan diadakannya monitoring lapangan tim terpadu sebagai salah satu langkah yang ditempuh pemerintah Kabupaten Belitung untuk mendukung peningkatan sektor pariwisata Daerah terutama berhubungan dengan penyediaan tempat penginapan dan restaurant dalam rangka mendukung pelaksanaan Sail Indonesia pada bulan Oktober 2009 mendatang serta menyambut perayaan hari jadi kota Tanjungpandan yang akan menampilkan aktivitas seni budaya daerah Belitung.

Sumber: Humas Setda